Cara Mudah Ganti Nama dan Alamat STNK, Simak Selengkapnya

Data pemilik kendaraan pada Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) diisi berdasarkan data yang terdapat pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Jika terdapat perubahan data pada KTP, pemilik kendaraan diwajibkan untuk segera melakukan pembaruan data STNK dan juga BPKB kendaraannya.

Salah satu yang sering terjadi adalah pindah alamat. Pada saat pemilik kendaraan pindah alamat rumah dan menetap, sebaiknya data yang terdapat di STNK dan BPKB juga segera diperbarui sehingga sesuai dengan data yang terbaru.

Melakukan pergantian alamat baru pada STNK ini penting untuk dilakukan, hal ini untuk menyamakan data antara di dokumen kendaraan dengan yang terdapat pada dokumen kependudukan.

Hal ini juga untuk meminimalisir kejadian salah alamat pada saat terjadi sesuatu pada kendaraan tersebut, seperti terkena tilang elektronik atau pada saat terlibat kecelakaan.

Cara ganti alamat baru pada STNK

Dilansir dari SIPPN Menpan, berikut ini cara ganti alamat baru pada STNK. Untuk melakukan penggantian alamat pada STNK ini mudah untuk dilakukan, asalkan pemilik kendaraan sudah menyiapkan persyaratan yang diperlukan untuk melakukan pergantian pada alamat STNK yang telah ditetapkan

Baca Juga:   Video Viral Fahmi Husaeni Menangis Saat Membakar Undangan Pernikahan dengan Anggi Anggraeni

Persyaratan ganti alamat baru pada STNK

Persyaratan yang diperlukan untuk ganti alamat baru di STNK mirip seperti pada saat ingin melakukan proses balik nama, bedanya pemilik kendaraan tidak memerlukan bukti jual beli atau kuitansi pembelian kendaraan. Setidaknya terdapat empat persyaratan yang diperlukan pada saat melakukan penggantian alamat baru pada STNK kendaraan.

  • KTP asli dan Fotocopy
  • STNK dan BPKB Asli
  • Bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) atau Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) tahun terakhir
  • Hasil pemeriksaan cek fisik kendaraan bermotor.

Proses ganti alamat baru pada STNK

Proses ganti alamat baru pada STNK bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat sesuai dengan domisili pemilik kendaraan.

Kunjungi Samsat

Cara ganti alamat baru pada STNK yang pertama adalah dengan mengunjungi Samsat terdekat sesuai dengan domisili pemilik kendaraan yang baru. Jangan lupa untuk membawa kendaraan dan juga persyaratan yang diperlukan untuk melakukan pergantian alamat pada STNK.

Baca Juga:   Cara Buat Surat Kehilangan STNK Motor dan Mobil

Pendaftaran

Lakukan pendaftaran pada loket yang telah disediakan. Pemilik kendaraan akan diberikan beberapa berkas.

Cek fisik

Langkah berikutnya adalah dengan melakukan cek fisik pada kendaraan tersebut. Hal ini untuk memeriksa apakah data kendaraan di STNK dan BPKB sudah sesuai dengan kondisi kendaraan.Cek fisik ini meliputi pengecekan pada kondisi fisik kendaraan, nomor rangka dan juga nomor mesin kendaraan.

Petugas Samsat akan melakukan pengecekan pada hasil cek fisik kendaraan tersebut. Jika data yang terdapat di STNK dan BPKB sudah sesuai dengan kondisi kendaraan, petugas Samsat akan memberikan bukti hasil cek fisik kendaraan bermotor tersebut.

Loket pajak

Bawalah bukti cek fisik dan persyaratan untuk ganti alamat baru pada STNK ke loket pajak. Hal ini untuk menentukan jumlah kepemilikan kendaraan yang nantinya akan masuk ke dalam pajak progresif kendaraan. Semakin banyak kendaraan yang dimiliki, maka biaya pajak yang dibebankan akan semakin besar.

Baca Juga:   Ini 5 Alasan Drama Korea A Good Day to Be a Dog Menarik untuk Kamu Ditonton!

Pembayaran pajak

Setelah nominal pajak ditentukan, pemilik kendaraan bisa membayarkan pajak kendaraan sesuai dengan yang tertera di Surat Pendaftaran dan Pendataan Kendaraan Bermotor (SPPKB) di loket yang tersedia.

Penyerahan STNK dan SKPD

Jika semua proses telah dilalui dan pemilik kendaraan sudah membayar pajak, maka petugas akan memberikan STNK dan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yang baru. Biasanya, STNK dan SKPD ini akan diserahkan di loket penyerahan.

Agar proses ganti alamat STNK kendaraan ini berjalan dengan cepat, maka pemilik kendaraan harus melengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Selain itu, perhatikan juga jumlah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan proses ganti STNK kendaraan ini.

Loading