Cara Buat Surat Kehilangan STNK Motor dan Mobil

Bersama dengan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) menjadi syarat bagi seseorang untuk bisa menjalankan sebuah kendaraan bermotor di jalan raya.

Seseorang yang kedapatan mengemudikan kendaraan di tanpa membawa SIM dan STNK bisa dipastikan akan mendapatkan sanksi berupa tilang dari pihak berwajib.

Kehilangan dokumen penting tersebut tentu menjadi sebuah mimpi buruk bagi pemilik kendaraan, terlebih lagi kehilangan STNK. Sebab, selain sebagai salah satu syarat untuk mengendarai kendaraan di jalan raya, STNK juga memiliki fungsi lain, yakni sebagai dokumen yang menunjukkan legalitas dari sebuah kendaraan bermotor.

Pada saat pemilik kendaraan kehilangan STNK, wajib hukumnya untuk segera melakukan pengurusan ke Samsat terdekat untuk menerbitkan STNK baru. Hal ini untuk menghindari STNK tersebut jatuh ke tangan yang salah dan disalahgunakan untuk melakukan tindakan kejahatan.

Untuk mengurus penggantian STNK yang hilang tersebut, pemilik kendaraan wajib memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Selain data diri dan juga data kendaraan, pihak Samsat juga mewajibkan pemilik kendaraan untuk membuat surat kehilangan STNK dari Polsek.

Baca Juga:   Gempa Mengguncang DIY: Warga Sekitar Borobudur Panik, Getaran Terasa Hingga ke Ciamis

Syarat membuat surat kehilangan STNK

Selain di Polsek, pemilik kendaraan juga bisa melapor pada Polda maupun Polres terdekat, hal ini merujuk pada Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2010. Agar prosesnya bisa cepat selesai, pastikan untuk membawa persyaratan yang sudah ditetapkan untuk mengurus surat kehilangan STNK seperti di bawah ini.

  • Fotokopi identitas diri SIM, KTP, atau identitas yang lainnya.
  • Fotokopi dari STNK maupun BPKB
  • Surat keterangan dari leasing jika BPKB dalam masa jaminan.
  • Jika STNK kendaraan bermotor belum dibalik nama, maka pemilik kendaraan perlu melampirkan fotokopi KTP sesuai dengan nama yang terdapat di STNK atau BPKB.

Cara membuat surat kehilangan STNK di Polsek

Dilansir dari berbagai sumber, cara membuat surat kehilangan STNK di Polsek sangat mudah untuk dilakukan dan biasanya bisa selesai dalam waktu kurang dari 1 hari. Selain itu, untuk membuat surat kehilangan STNK ini pihak berwajib juga tidak mengenakan biaya apapun.

Baca Juga:   Besok Hari Terakhir, Begini Cara Lapor SPT Pajak

Kunjungi Polsek

Cara membuat surat kehilangan STNK yang pertama adalah dengan mengunjungi Polsek terdekat.

  • Masuk ke bagian Pengaduan atau Pelayanan Masyarakat
  • Kunjungi loket bagian pengaduan atau pelayanan masyarakat. Jika kebingungan, Anda bisa meminta bantuan pada petugas yang sedang berjaga.

Mengisi formulir

Sampaikan tujuan Anda mengunjungi Polsek, yakni untuk membuat surat kehilangan STNK. Anda akan diberikan formulir yang wajib diisi. Ceritakan kronologi kejadian kehilangan STNK dengan lengkap dan terperinci. Formulir tersebut biasanya berisi seperti berikut ini.

  • Nama lengkap pelapor
  • Alamat pelapor
  • Jenis pelaporan
  • Waktu kejadian kehilangan
  • Menyerahkan persyaratan
  • Jika formulir telah diisi dengan lengkap, serahkan dokumen persyaratan untuk mengurus STNK yang hilang tersebut. Sebaiknya, dokumen yang menjadi persyaratan ditempatkan di map agar tidak berceceran.
Baca Juga:   Cara Cek BI Checking

Penerbitan SKTLK

Pihak berwajib akan menerbitkan Surat Keterangan Tanda Lapor Kehilangan (SKTLK) jika semua berkas persyaratan sudah dipenuhi. Nantinya, SKTLK ini wajib dibawa bersama persyaratan yang lain ke kantor Samsat terdekat untuk menerbitkan STNK baru untuk menggantikan STNK yang hilang.

SKTLK STNK ini pada umumnya berlaku hingga 14 hari ke depan sejak tanggal diterbitkan. Namun surat kehilangan STNK ini masih bisa diperpanjang masa berlakunya jika pemilik kendaraan masih memerlukannya.

Agar terhindar dari antrean, sebaiknya kunjungi Kantor Polisi terdekat pada pagi hari, dengan harapan surat kehilangan STNK bisa jadi dalam 1 hari kerja. Selain itu, ceritakan dengan detail terkait kronologi kejadian kehilangan STNK kendaraan tersebut.

Loading