Lebih Mudah dan Cepat! Temukan 5 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi yang Praktis

Menonton video streaming seperti film atau musik lewat aplikasi YouTube memang mudah. Namun jika Anda ingin menyaksikannya kembali, hal itu membutuhkan kuota tambahan untuk mengaksesnya.

Apabila Anda ingin menyimpan video untuk ditonton lagi, ada cara download video YouTube yang bisa dicoba.

Download merupakan salah satu cara untuk menghemat data internet. Biasanya download video dapat dilakukan melalui YouTube premium ataupun lewat aplikasi tambahan.

Selain itu, terdapat juga beberapa cara lainnya yang dapat digunakan untuk mengunduh video yang Anda inginkan.

Cara Download Video YouTube

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunduh video dari YouTube. Kamu bisa mengunduhnya menggunakan aplikasi tambahan dan juga melalui situs legal.

1. Internet Download Manager (IDM)

Internet Download Manager atau IDM merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengunduh video YouTube. Kamu perlu untuk menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu dan pastikan versi terbaru.

Baca Juga:   Harga Tiket Promo Kereta Suite Class

Setelah IDM telah terinstal, bukalah Google Chrome lalu klik ikon titik tiga di kiri atas, pilih more tools klik extensions. Setelah itu akan muncul tampilan IDM Integration Module yang memastikan software tersebut berhasil diinstal.

Kemudian klik enable atau tombol biru di bagian bawah. Hingga tahap ini, IDM akan muncul otomatis di situs YouTube. Pilihlah salah satu video yang ingin diunduh lalu download video from this page.

Setelah mengklik start download, video akan diproses beberapa saat. Hasil video akan tersimpan di folder Download laptop.

2. YouTube Premium

Cara download video YouTube bisa juga dilakukan dengan mengubahnya menjadi premium. Untuk langkah tersebut kamu perlu berlangganan supaya bisa mendapatkan akses.

Baca Juga:   Perhatian: Segera Hapus 10 Hal Ini dari Facebook Anda Karena Berbahaya

Ketika sudah berlangganan, kamu pilih video yang diinginkan lalu klik ikon download yang ada di bawah bagian video dan pilih kualitas video yang diinginkan, lalu unduh.

3. Aplikasi VLC Media Player

Selain IDM, kamu bisa mengunduh video dengan aplikasi VLC Media Player. Meski begitu, kamu harus mendapatkan izin dari YouTube atau pemilik video asli untuk mengunduhnya.

Caranya, unduh VLC media player lalu copy URL video YouTube yang diinginkan. Pada VLC, klik menu Media, Open Network Stream (Ctrl+N), klik Paste lalu klik Play.

Ketika video berjalan, klik Tools>Codec Information. Untuk itu kamu perlu mencari Source atau kotak di bagian bawah yang berisi URL untuk di-copy.

Baca Juga:   ChatGPT Kini Tersedia Gratis di iOS! Pelajari Cara Mengunduhnya dan Nikmati Pengalaman Berinteraksi dengan Kecerdasan Buatan

Buka browser dan paste URL tersebut. Saat video dimainkan di browser, kamu akan melihat pilihan untuk mengunduh video itu.

4. Aplikasi 4K Video Downloader

Aplikasi 4K Video Downloader dapat membantumu mengunduh video dari YouTube. Caranya, unduh 4K Video Dowloader lalu copy URL video YouTube yang diinginkan.

Setelah itu klik Paste pada 4k video downloader, klik download dan pilih opsi resolusi video.

5. 9convert

Situs 9convert menjadi salah satu alternatif untuk mengunduh video YouTube. Caranya cukup dengan membuka video YouTube yang diinginkan lalu salin link video tersebut.

Kemudian buka situs 9convert.com, lalu di laman YouTube Downloader masukkan link video dalam kolom.

Klik Start untuk mengunduh lalu pilih kualitas video dan klik Download. Tunggulah sampai proses selesai.

Loading