Laptop Advan Soulmate Harga 2 Jutaan Cocok Buat Anak

Ada kabar gembira, kini para orang tua tidak perlu bingung mencarikan laptop untuk anaknya. Pasalnya, Advan belum lama ini merilis gawai baru bertajuk Soulmate.

Menariknya lagi, mereka membanderol laptop ini dengan harga yang sangat terjangkau. Kendati harganya ramah di kantong, tetapi soal performa tak perlu diragukan lagi.

Meskipun tergolong murah, nyatanya Soulmate tidak murahan. Perangkat canggih ini memiliki bobot yang ringan 1,4 kg dan tebal 2,2 cm, dengan sokongan performa yang jempolan.

Lantas bagaimana sih kualitas yang ditawarkannya? Berikut review Advan Soulmate, yang mungkin bisa menjadi referensi detikers sebelumnya memutuskan untuk membelinya.

Review Advan Soulmate

Desain

Pertama-tama mungkin kita bisa membahas soal desainnya terlebih dahulu. Ini menjadi menarik, karena bila dilihat secara seksama, memang tidak ada yang spesial dari bentuknya.

Namun balutan warna abu-abu di seluruh bodi dan tipisnya laptop ini, membuat Advan Soulmate tampak mewah meski harganya murah. Kebetulan detikINET memang kedatangan yang warnanya abu-abu.

Namun sebenarnya, Advan sudah menyiapkan dua alternatif untuk para pengguna. Di sini detikers bisa memilih warna Space Grey atau yang kedua ada Blue.

Bicara mengenai material bodi, seluruh bagian dari laptop ini masih menggunakan plastik. Hanya saja saat digunakan masih terasa kokoh.

Konsep minimalis yang diusungnya semakin terlihat, ketika membuka laptop ini. Stiker yang biasa orang-orang lihat di samping trackpad, tidak bisa ditemukan di sini.

Hal itu mengingat, Advan cuma menempatkan tulisan Soulmate di bagian kiri. Sedangkan bagian kanan hanya ada satu stiker bertuliskan Intel Celeron.

Baca Juga:   Paket Stiker Ramadan WhatsApp Tersedia Mulai Hari Ini

Seperti laptop pada umumnya, Advan Soulmate juga disajikan dengan beragam colokan. Kurang lebih ada dua buah USB 3.0, satu USB 2.0, colokan type-c, lubang charger, dan headset.

Layar

Dari bodi, sekarang mari beralih ke bagian layarnya. Advan Soulmate datang dengan display 14 inch HD 1366×768.

Bisa dikatakan ukurannya sudah lebih dari cukup, terlebih lagi untuk sudut pandang seorang anak kecil. Nah dalam upaya menjaga kesehatan mata si buah hati dari layar yang terlalu terang, mereka memberikan fitur menarik.

Kecerahannya memang bisa diatur melalui tombol Fn+F5 atau F6. Tapi masih ada cara lain, agar sinar biru di layar bisa dikurangi.

Detikers bisa masuk pengaturan, pilih menu Sistem dan klik Tampilan. Kemudian aktifkan mode Cahaya Malam.

Dengan begitu, warna layar akan jauh lebih hangat. Itu karena Advan Soulmate langsung memblokir cahaya biru.

Bila dirasa cahayanya terlalu oranye, bisa diatur kok tenang saja. Cukup klik mode Cahaya Malam tadi, kemudian pengguna akan dibawa masuk lagi, dan atur tingkat kekuatannya sesuai selera.

Jadi cahaya biru yang masuk ke mata anak bisa sudah bisa teratasi. Si kecil pun bisa menggunakan laptop dengan nyaman.

Keyboard dan Trackpad

Keyboard menjadi salah satu elemen yang cukup penting di laptop. Jika tombol-tombol ini tidak bisa memberikan kenyamanan, kegiatan mengetik menjadi terganggu dan tidak maksimal.

Baca Juga:   Modus Pencurian iPad dan Laptop Penumpang Bus di Tukar Buku Terjadi Lagi

Beruntungnya itu tidak terjadi di Advan Soulmate. Anak-anak bisa mengerjakan tugas-tugas sekolah dengan nyaman.

Suara yang muncul dari setiap tombol yang di tekan tidak terlalu berisik. Travel distance dari setiap tombol juga cukup baik, meskipun tidak dibekali backlit.

Lanjut ke trackpad yang disuguhkan dengan ukuran besar. Mereka menghadirkannya dengan permukaan yang mulus, dan tetu tidak mengganggu aktivitas mengetik.

Webcam dan Audio

Kecanggihan yang tak kalah pentingnya yakni webcam dan audio. Keduanya sangat berguna ketika ada kelas online yang harus dihadiri.

Walaupun speaker dari laptop ini menghadap ke bawah, namun tetap bisa memberikan suara yang lantang. Mungkin posisinya yang tidak tertutup langsung oleh alas, membuatnya bisa memantulkan suara yang dihasilkan dengan baik.

Untuk kualitas video sangat bisa diandalkan. Kendati begitu memang kejelasan gambarnya tergantung dari cahaya di sekitar ruangan.

Performa

Advan Soulmate ditenagai oleh otak Intel Gemini Lake N4020. Supaya memberikan pengalaman lebih memukau kepada anak-anak, prosesor laptop ini didukung RAM 4 GB.

Sepertinya tidak perlu bingung untuk menyimpan file seperti tugas sekolah, foto, atau beberapa video di laptop ini. Memori internalnya cukup lapang, dan tersedia dalam dua pilihan, yakni SSD 128 GB dan 256 GB.

Bila hanya penggunaan standar, seperti mengetik tugas, berselancar di dunia maya, kelas online, nonton film di Netflix, melihat video di YouTube, semua berjalan baik tanpa hambatan. Bahkan ketika kami menjajal membuka banyak tab di Google Chrome, tidak mengalami lag.

Baca Juga:   Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Suara Google

Jadi kegiatan mengerjakan tugas, sembari mencari bahan dari banyak sumber tidak akan masalah. Anak-anak bisa melakukannya tanpa khawatir akan adanya eror.

Selain itu, laptop murah ini punya performa jempolan lho. Kami menjadi saksi, bagaimana serunya bermain Roblox melalui Advan Soulmate.

Kalau penasaran, detikers bisa langsung menjajalnya. Pastikan terhubung dengan jaringan internet yang stabil.

Baterai

Advan Soulmate dilengkapi baterai 5000 mAh 38wh, yang niscaya membuatnya tahan lama ketika digunakan. Untuk pengisian daya cukup cepat, karena hanya memakan waktu selama tiga jam saja.

Setelah puas memakai Advan Soulmate, kami percaya bahwa laptop ini bisa menjadi pilihan para orang tua untuk membelikan laptop pertama anak-anaknya. Bobotnya yang ringan, tidak akan membebani si buah hati ketika harus membawanya ke mana-mana.

Dengan layar 14 inch dan fitur pemblokiran cahaya biru, bisa memberikan kepuasan ketika anak-anak memandangkan dalam waktu lama. Bahkan gawai ini juga mampu memberikan hiburan dari game online, atau beberapa film yang sedang populer.

Performanya yang jempolan, sangat bisa diandalkan sebagai alat tempur ketika ingin mengerjakan tugas sekolah. Menariknya lagi, dengan semua keunggulan tersebut, para orang tua dapat memiliki Advan Solumate dengan harga terjangkau.

Laptop ini dibanderol Rp 2.349.000, dengan RAM 4GB dan storage SSD 128 GB (DOS). Sementara untuk menggunakan Windows 11 bisa didapatkan dengan harga Rp 2.450.000.

Sementara varian 256 GB dilepas seharga Rp 2.575.000 versi DOS, dan Rp 2.725.000 untuk Windows 11.

Loading