Kenali Penyebab Masalah pada Remote Mobil yang Sering Terjadi

Remote tidak hanya sebagai pembuka kunci pintu mobil dari jarak jauh, tapi juga bisa sebagai pengganti kontak untuk tipe keyless. Sehingga, ketika benda kecil ini bermasalah maka akan cukup menyusahkan pengguna.

Kendala tersebut kerap terjadi, tidak kenal waktu dan tempat. Remote yang semula dari rumah baik-baik saja, tiba-tiba ketika digunakan di tempat tertentu menjadi bermasalah.

Bahkan tak jarang alarm berbunyi ketika mobil berusaha dihidupkan oleh pemilik. Tentu saja itu cukup dapat membuat panik orang yang mengalaminya. Tidak hanya kesal, pengguna juga merasa malu karena semat menjadi pusat perhatian.

Baca Juga:   Video: Hasil Uji Tabrak 5 Mobil yang Beredar di Indonesia

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan hal tersebut bisa terjadi karena adanya masalah antara transmitter di remote dan receiver.

“Sebab, remote itu memanfaatkan sinyal frekuensi. Biasanya, gangguan serupa terjadi jika mobil berada di sekitar menara SUTET (Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi) dan BTS (Base Transceiver Station) telepon seluler,” ucap Didi dikutip dari Kompas.com, Selasa (16/5/2023).

Terlebih lagi untuk mobil yang sudah smart key, sinyal remote sangat dipengaruhi oleh gelombang elektromagnetik menurut Didi. Sehingga, sebisa mungkin pengguna menghindari parkir di lokasi yang dekat dengan dua wilayah tersebut untuk menghindari kendala remote alarm.

Baca Juga:   Gmail Sedang Bermasalah Hampir di Seluruh Dunia

Masalah lainnya bisa disebabkan oleh baterai remote yang sudah lemah atau terjadi getas di sekitaran karet pintu yang membuat komunikasi antara transmitter dan receiver terganggu.

Didi mengatakan, cara paling mudah untuk melihat kondisi baterai pada remote kunci adalah menekan salah satu tombol. Kalau lampu masih menyala terang dengan interval cepat maka kondisi baterai masih baik, begitu sebaliknya.

“Segera hubungi diler terdekat jika masalahnya kerap meresahkan. Jangan anggap remeh karena ini berkaitan dengan ketenangan pikiran pemilik atau pengemudi,” tutup Didi.

Loading