Fitur Terbaru Instagram: Pengguna Dapat Mengunduh Video Reels dari Akun yang Tidak Terkunci

Instagram akhirnya mengizinkan pengguna mengunduh Reels yang diunggah oleh orang lain. Karenanya, pengguna dapat membagikan video tersebut di luar aplikasi.

Pada Selasa lalu, CEO Instagram Adam Mosseri mengatakan pengguna Instagram akan segera dapat mengunduh Reels ke galeri perangkat mereka. Pengumuman ini disampaikan melalui broadcast channel, fitur baru di platform-nya, dikutip dari TechCrunch, Kamis (22/6/2023).

Untuk saat ini, fitur hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Fitur baru Instagram ini memungkinkan pengguna mengunduh Reels dari akun publik dan bukan akun yang diatur sebagai private (digembok).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengetuk ikon “Share” atau “Bagikan” pada Reels tertentu, lalu pilih “Download” atau “Unduh”.

Kendati demikian, pembuat konten juga bisa memilih pengaturan untuk memblokir pengguna lain mengunduh Reels mereka.

Baca Juga:   Begini Cara Menjaga Kesehatan Baterai Smartphone Agar Semakin Awet

Sebagai informasi, fitur ini sebenarnya telah lama dimiliki oleh aplikasi video pendek saingannya, yaitu TikTok. Namun, TikTok menambahkan watermark pada hasil video yang diunggah pengguna untuk menandai akun pembuat konten.

Meskipun Mosseri tidak mengumumkan secara pasti, tampaknya watermark berupa logo Instagram dan nama akun juga akan muncul pada Reels yang diunduh.

Sejak Agustus lalu, YouTube juga telah menyertakan watermark berbasis logo pada video Shorts yang di-download, untuk mencegah pengguna berbagi video di luar platform.

Kemungkinan, perusahaan melihat taktik yang sama sebagai cara untuk memastikan orang mengetahui bahwa itu adalah video Reels Instagram, meskipun sedang menontonnya di jaringan media sosial lainnya.

Baca Juga:   Foto Profil WhatsApp Tak Bisa di Screenshoot, Memberikan Keamanan yang Lebih Baik

Reels Mendorong Pertumbuhan Instagram

Di sisi lain, cara tersebut juga dinilai dapat menarik pengguna untuk menonton lebih banyak konten secara langsung di platformnya.

Perusahaan milik Meta ini sebenarnya mengizinkan konten TikTok dan video lain untuk diunggah di platformnya. Akan tetapi, algoritma Instagram berhenti mempromosikan video dengan watermark dari media sosial lain pada 2021 lalu.

Untuk diketahui, Reels telah menjadi titik fokus untuk mendorong pertumbuhan Instagram dalam beberapa kuartal terakhir. Mark Zuckerberg menyatakan, waktu yang dihabiskan pengguna di Instagram bertumbuh sebesar 24 persen berkat rekomendasi Reels yang didukung kecerdasan buatan (AI).

Fitur Baru Instagram Notes Bisa Tambahkan Musik

Selain Reels, fitur Instagram Notes juga sebelumnya telah mendapatkan pembaruan. Kini, pengguna dapat menambahkan potongan lagu ke dalamnya.

Baca Juga:   Manajemen TikTok Ungkap Alasan PHK Puluhan Karyawan

Beberapa warganet menyebut fitur ini mirip dengan fitur status musik era BlackBerry Messenger (BBM) zaman dulu.

Notes merupakan fitur baru Instagram yang pertama kali diperkenalkan pada Desember 2022. Fitur ini layaknya status singkat yang tampil di bagian atas fitur pesan.

Sementara itu, pada fitur tambahkan musik, nantinya akan tertulis nama penyanyi dan judul lagunya. Durasi potongan lagu yang bisa disisipkan sekitar 30 detik dari keseluruhan bagian lagu.

Selain menampilkan nama penyanyi dan judul lagu, pengguna Instagram juga bisa menambahkan atau memadukannya dengan keterangan pendek.

Loading