Cara Merawat Baterai Motor Listrik untuk Mempertahankan Performa Tetap Optimal

Pemilik sepeda motor listrik perlu mengetahui bagaimana cara merawat baterai yang ada pada kendaraan. Pasalnya, cara merawat baterai motor listrik yang benar bisa memperpanjang usia pakai dari kendaraan.

Untuk menjaga dan merawat agar motor listrik Anda tetap prima, ada beberapa tips supaya performa baterai tetap baik dalam pemakaian sehari-hari. Berikut cara merawat baterai motor listrik.

1. Hindari mengisi ulang baterai di bawah 20 persen

Sebaiknya Anda menghindari mengisi ulang daya baterai dalam kondisi yang sangat rendah dengan indikator di bawah 20 persen. Hal ini dapat merusak komponen dan dapat mengacaukan kinerja baterai.

Anda disarankan untuk mengisi ulang daya ketika kondisi baterai dalam posisi 25 persen sampai dengan 80 persen. Kondisi ini dapat merawat performa baterai tetap prima.

Baca Juga:   Subsidi Motor Listrik yang Sepi Peminat Mendapat Perhatian Khusus

2. Mengisi baterai secara berkala

Anda juga perlu mengisi baterai motor listrik secara berkala. Meski jarang digunakan, tapi baterai tetap harus diisi ulang setidaknya setiap dua atau tiga hari sekali agar performa tetap terjaga.

3. Hindari mengisi daya ketika kondisi baterai panas

Kondisi panas yang berlebihan dapat merusak komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, disarankan untuk menunggunya beberapa saat agar kondisi temperatur turun dan tidak panas.

4. Parkir kendaraan di tempat yang sejuk

Pemilik motor listrik juga tidak disarankan untuk parkir di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari membuat panas pada baterai lithium dan hal ini dapat merusak masa guna pakai baterai menjadi tidak bertahan lama.

Baca Juga:   Mobil Listrik Xiaomi Siap Meluncur Tahun Depan, Performa Luar Biasa dengan Jarak 800 Km Sekali Cas

Oleh sebab itu, ada baiknya parkir motor listrik Anda di lokasi yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, panas matahari juga dapat mengakibatkan panas pada penghantar panas lithium, sehingga lama kelamaan kinerja penghantar panas menurun dan akan mengakibatkan kerusakan.

5. Hindari gunakan charger dan kabel yang tidak orisinal

Anda juga tidak disarankan menggunakan charger dan kabel yang tidak orisinal, karena dapat membuat banyak proses pemanasan dalam waktu singkat, sehingga komponen dapat mengakibatkan kerusakan.

Gunakan selalu charger dan kabel bawaan atau beli komponen orisinal agar baterai motor listrik Anda tetap terjaga.

6. Jangan mengisi baterai terlalu lama

Mengisi daya dalam kondisi terlalu penuh atau terlalu lama setiap saat ternyata tidak diperkenankan, karena hal ini membuat kerja lithium menjadi tidak optimal yaitu banyaknya daya yang masuk berlebihan padahal daya di dalamnya sudah terindikasi cukup. Disarankan mengisi daya dicukupkan ketika indikator mendekati 90-95 persen.

Baca Juga:   HoloLens: Pengganti Smartphone di Masa Depan

7. Jangan langsung mengisi daya ketika motor baru berhenti

Anda harus menunggu kondisi motor mendingin setidaknya 30 menit, maka Anda bisa mengisi ulang baterai motor listrik.

8. Hindari membenturkan atau memukul baterai

Komponen yang menempel pada permukaan akan terguncang dang khawatir akan lepas jika Anda sering memukul baterai lithium. Selain itu, performa komponen baterai juga akan menurun dan mengakibatkan kerusakan atau kebakaran jika sering memukul atau mengetuknya, mengutip Polytron.

Loading