Rumah Abah Jajang di Curug Citambur Buka untuk Umum, Berapa Harga Tiket Masuk?

Pemandangan indah dari rumah Abah Jajang Curug Citambur kini tidak gratis. Pengunjung dikenakan tarif Rp5.000 per orang.

Sudah bertandang ke rumah Abah Jajang? Rumah yang terletak di Kampung Rawa Dewa, Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini sampai-sampai dijuluki rumah ‘surga’.

Gambaran ‘surga’ diperoleh berkat pemandangan Curug Citambur di sebuah tebing hijau. Awalnya, orang berkunjung begitu saja tanpa dipungut biaya. Namun kini, ada harga tiket rumah Abah Cianjur yang perlu dibayar.

“Besaran tiketnya Rp5.000 per orang,” kata Sekretaris Desa Karangjaya Sutisna seperti dilaporkan detikcom.

Baca Juga:   Abah Jajang Terharu Mendapat Bagian Tiket Rumah 'Surga' Senilai Segini: Kisah Inspiratif Perjuangan dan Kesabaran

Dia menjelaskan pemberlakuan tiket rumah abah Jajang Curug Citambur ini berdasar Perdes Nomor 1 Tahun 2023 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2023.

Hasil penjualan tiket akan dibagi ke dalam lima pos yakni, pengelola, Abah Jajang, pendapatan desa, karang taruna desa, serta kebersihan, kesehatan dan pemeliharaan.

Khusus untuk pemilik rumah akan mendapat 10 persen dari total penjualan tiket, kemudian sisanya akan dibagi ke empat pos lain.

Sebelumnya sempat viral curhat netizen yang dikenakan tiket meski tidak berkunjung ke rumah Abah Jajang. Netizen mengeluh dirinya hanya lewat di jalan yang melintas di rumah tersebut tapi dirinya harus bayar Rp5.000.

Baca Juga:   Rute Penerbangan Terpendek Cuma Terbang 37 Menit ada di Papua

Tak berselang lama, muncul klarifikasi bahwa terjadi sedikit miss communication alias miskom sehingga masalah ini berakhir damai. Artinya, tiket hanya dikenakan untuk rumah abah Jajang, hanya lewat saja tak perlu membayar tiket.

Rumah Abah Jajang viral sejak dua bulan terakhir. Pengunjung berdatangan baik mereka yang berasal dari Cianjur, luar kota sampai mancanegara.

Saking terpesona dengan pemandangan di sana, ada saja pengunjung yang rela berkemah. Meski demikian, Abah Jajang mengaku tidak terganggu.

Sempat tersiar kabar bahwa rumah itu ditawar pengusaha dari Jakarta dengan harga Rp2,5 miliar. Abah Jajang pun membenarkannya. Namun ia tidak melepas rumahnya.

Baca Juga:   Daftar 63 Lembaga Survei yang Terdaftar untuk Pemilu 2024

“Kalau mau menginap atau camping di rumah abah silakan, tapi kalau mau beli, abah tidak akan jual. Ditawar berapapun abah tidak akan jual. Bukan karena rumah dan tanahnya, tapi karena pemandangan alamnya yang mungkin abah tidak akan dapat lagi di tempat yang lain,” katanya soal rumah abah Jajang Curug Citambur.

Loading