Pendaftaran CPNS 2023 Dimulai 3 Bulan Lagi, Simak 11 Jurusan S1 yang Dibutuhkan di Instansi Pusat dan Daerah

Rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CPNS 2023) rencananya akan dibuka pada September mendatang, simak 11 jurusan yang sangat dibutuhkan di instansi pusat dan daerah.

1 Juta Formasi CPNS 2023 : Guru, Nakes, Dosen Hingga Tenaga Teknis, Ini Riciannya

September Rekrutmen CPNS 2023 Dimulai! Begini Alur Pendaftaran dan Kualifikasi Lengkapnya potensial untuk lolos pada rekrutmen CPNS 2023 ini.

Dimana, deretan jurusan tersebut sangat berkaitan dengan formasi CPNS 2023 yang menjadi fokus dan prioritas pemerintah tahun ini.

Kemudian, jurusan untuk lulusan S1 (strata 1) ini akan menjadi jurusan-jurusan yang paling dilirik oleh pemerintah untuk menduduki jabatan fungsional yang dibutuhkan pada pendaftaran CPNS 2023.

Tidak hanya itu, prioritas pemerintah pada pendaftaran CPNS 2023 ini juga diperuntukan bagi para fresh graduate yang mungkin saja bisa mengambil peran pada formasi CPNS 2023 bidang talenta digital.

Dimana, formasi CPNS 2023 bidang talenta digital ini memiliki peluang besar pada rekrutmen CPNS 2023 ini.

Karena, pemerintah berharap para fresh graduate yang memiliki kemampuan atau skill bidang digital dan sesuai dengan jurusannya, bisa bergabung untuk menjadi PNS (Pegawa Negeri Sipil) dengan mengikuti CPNS 2023.

Nah, perlu Anda ketahui pada tahun 2023 ini, pemerintah berencana membuka jumlah formasi CPNS 2023 dan PPPK mencapai angka 1.030.751 lowongan.

Dimana, dalam hal ini Menteri PANRB juga Sudah menyampaikan rencana kebutuhan formasi CPNS 2023 dan PPPK tersebut kepada presiden RI Joko Widodo.

Selain itu, pada rekrutmen CPNS 2023 ini pemerintah juga sedang berusaha untuk mengambil dan membuka kesempatan bagi para lulusan baru atau fresh graduate.

Hal tersebut, berlandaskan pada keluhan lulusan baru atau fresh graduate yang juga ingin mengabdi kepada bangsa.

Baca Juga:   Penerimaan CPNS Dibuka 1 Agustus 2017, Ini Prosedur Pendaftarannya

“Jadi ini kan ada komplain anak-anak yang baru lulus ini, masa honorer terus yang diurus, kami yang baru lulus mau juga mengabdi ke bangsa dan negara. Nah, ini kita siapkan formasi, kita laporkan ke Presiden untuk terus dikaji,” katanya.

Untuk memudahkan Anda, agar segera mengetahui jurusan apa saja yang memiliki peluang besar pada rekrutmen CPNS 2023 ini.

Berikut deretan jurusan S1 yang punya kesempatan besar dan paling dibutuhkan pada rekrutmen CPNS 2023 ini.

1. Jurusan Ilmu Hukum

Lulusan S-1 dengan Jurusan Hukum juga menjadi jurusan prioritas untuk CPNS 2023 dan PPPK 2023.

Selain menjadi jurusan prioritas, jurusan hukum juga sebenarnya menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diminati oleh instansi pemerintahan. Jurusan Hukum ini juga terdiri dari beberapa bagian Kembali, yaitu Hukum Pidana dan Hukum Perdata.

2. Jurusan Hukum Pidana

Di hukum pidana hal yang dipelajari adalah Hukum Penitensier, Tindak Pidana Narkotika, Tindak Pidana Teroris, Tindak Pidana Korupsi, Cyber Law, Tindak Pidana Perdagangan Anak, Pencemaran Nama Baik, Perbuatan Tidak Menyenangkan, Corporate Criminal, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Penegakan Hukum Pidana Internasional dan masalah-masalah lain yang terkait bidang pidana.

3. Jurusan Hukum Perdata

Hukum perdata merupakan konsentrasi favorit mahasiswa hukum. Hukum perdata membahas hak-hak dan kepentingan individu. Biasanya peminatan ini diambil bagi seseorang yang ingin menjadi notaris atau legal.

4. Jurusan Pendidikan

Selanjutnya, jurusan prioritas dan primadona untuk CPNS 2023 dan PPPK 2023 adalah jurusan Pendidikan sebagai tenaga pendidik.

Dimana jurusan Pendidikan ini telah mencakup, jurusan matematika, fisika, Bahasa Indonesia dan masih banyak lagi.

Formasi yang dibutuhkan dari jurusan ini juga tak main-main dan memiliki peluang paling besar dalam rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2023 ini.

Baca Juga:   Ini Kesempatan Emas! Kemenko Perekonomian Buka Lowongan untuk Lulusan SMA, Gaji Menggiurkan Sampai Rp 15 Juta

5. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah Tinggi Intelijen Negara atau STIN adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara.

STIN bertujuan untuk menyiapkan Taruna nya menjadi anggota masyarakat intelijen yang memiliki kemampuan akademik dan/atau keahlian profesional sehingga dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni bidang intelijen untuk menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesuai UU 17/2011 Alumni STIN menjadi sumber utama SDM BIN.

6. Jurusan Desain Komunikasi Visual

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 selanjutnya yaitu lulusan S-1 dengan jurusan desain komunikasi visual.

Dimana jurusan desain komunikasi visual juga pastinya menekuni dunia digital dan sangat dibutuhkan dalam penerimaan CPNS dan PPPK 2023 ini.

Desain Komunikasi Visual merupakan salah satu jurusan kuliah potensial yang populer.

Desain Komunikasi Visual pun memiliki peminatan yang beragam, diantaranya Animasi, New Media, Creative Advertising, Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, Komunikasi Multimedia, dan lain-lain.

Jurusan DKV termasuk menjanjikan di era digital dan pada rekrutmen CPNS 2023 ini karena lulusannya dinilai mampu mengoperasikan berbagai software untuk menggambar dan desain di perangkat digital, seperti Photoshop, Illustrator, Corel Draw, SketchUp, InDesign, dan lain sebagainya.

7. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan prioritas pertama CPNS dan PPPK 2023 yaitu lulusan S-1 Jurusan Sistem Informasi.

Dimana jurusan ini mengarah untuk menekuni dunia talenta digital, dan peluangnya cukup besar pada CASN 2023 ini.

Pada jurusan ini biasanya, mereka akan mempelajari sistem kerja perangkat lunak dan perangkat keras serta data.

Baca Juga:   Kesempatan Emas! Pemerintah Buka 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK di Tahun 2023

Sama seperti Teknik Informatika, jurusan kuliah potensial ini tersedia di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

Karena itulah jurusan ini menjadi salah satu jurusan prioritas untuk CPNS 2023.

8. Jurusan Cyber Security

Jurusan primadona dan prioritas selanjutnya yaitu S-1 jurusan Cyber Security.

Jurusan Cyber Security ini dibutuhkan untuk bisa membantu pemerintahan dalam hal menjaga big data dan menjadi forensics analyst.

Karena sederhana saja, di ekosistem digital hari ini, data pun tidak luput dari tindakan kriminal. Untuk melindunginya, lulusan ini menjadi orang yang memiliki jawaban nya.

9. Jurusan Teknologi Bisnis Digital

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 selanjutnya yaitu lulusan S-1 dengan jurusan bisnis digital.

Jurusan ini memiliki peluang besar, karena dimana jurusan ini juga tentunya menjadi salah satu jurusan yang bergelut di dunia digital saat ini.

Apalagi, dengan menjamurnya usaha online di tengah perkembangan seperti ini

Itulah mengapa, jurusan ini juga diprioritaskan pada CPNS 2023, karena hal tersebut dianggap bisa membantu pemerintahan agar tak tertinggal jauh dengan perkembangan global saat ini.

10. Jurusan Teknologi Informasi

Jurusan prioritas CPNS dan PPPk 2023 berikutnya yaitu lulusan S-1 dari program studi atau jurusan Teknologi Informasi.

Jurusan Teknologi Informasi ini memiliki peluang yang besar dalam rekrutmen CPNS 2023 dan PPPK 2023, karena jurusan ini masuk kedalam talenta digital yang banyak dibutuhkan.

11. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer, disini Kamu akan mempelajari berbagai teori serta konsep dalam ilmu komputer hingga pengembangan software. Jurusan ini memiliki cakupan ilmu komputer yang cukup luas.

Loading