Mengerikan! Wabah Narkotika ‘Zombie’ Merebak di AS, Kulit Pengguna Terinfeksi Membusuk

Amerika Serikat dilanda ‘tsunami’ kasus narkotika zombie, khususnya New York dan Los Angeles. Banyak dari mereka kecanduan obat tranq yang dicampur fentanyl hingga memicu efek serius.

Obat tranq yang dikenal sebagai xylazine ini umumnya bahkan dipakai untuk membius kuda hingga hewan ternak lain, tidak diperuntukkan bagi manusia. Obat ini bisa memunculkan efek luka di kulit pengguna yang berujung busuk bak kulit zombie.

Dikutip dari New York Post, Shawn, salah satu pengguna obat tersebut mengakui jika tranq yang dicobanya sebagai obat penghilang rasa sakit didapatkan dari dokter hewan.

“Saya ingin mencoba sesuatu yang baru dan salah satu efeknya pada saya adalah saya mulai mengalami ruam degil di punggung saya. Kulit saya mulai terlihat aneh, seperti saya hampir bersisik,” kata Shawn.

Baca Juga:   Doa Berhubungan Badan Suami Istri, Wajib Diketahui oleh Pengantin Baru

Narkotika zombie ini ditemukan di sebagian besar negara bagian AS dan mulai menyebar luas di New York. Permintaan narkotika merayap ke arah barat ke jalan-jalan LA dan San Francisco, yang mengkhawatirkan para dokter dan polisi.

Pasalnya, Tranq memperlambat detak jantung pengguna, menyebabkan borok, hingga lesi kulit. Jika disuntikkan, dapat menyebabkan degradasi kulit, membusuk, yang menyebabkan julukannya sebagai obat zombie.

Profesional medis telah memperingatkan hal itu sering menyebabkan anggota tubuh pengguna bahkan harus diamputasi. Shawn, bercerita dirinya pernah harus ‘dihidupkan’ kembali setelah overdosis campuran heroin dan fentanil di kamar mandi salah satu coffee shop.

Baca Juga:   Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi Pagi Ini, Menyemburkan Abu Vulkanik Sekitar 200 Meter

“Jantungmu berdebar sangat, sangat, sangat, sangat, sangat, sangat cepat. Tapi tidak bisa, tidak bisa bergerak,” tambah Shawn yang tidak ingin nama belakangnya dipublikasikan.

“Sepertinya itu gila. Saya tidak ingin terdengar seperti mengatakan, ‘Ini bomnya,’ tetapi efeknya luar biasa saat menyentuh aliran darah Anda. Itu melakukan sesuatu pada pikiran Anda dan tidak ada rasa sakit. Seperti Anda sedang menaiki roller coaster dan kemudian tidak ada rasa sakit.”

Shawn dan orang lain seperti dia adalah bagian dari epidemi penyalahgunaan tranq yang sedang mewabah di Los Angeles.

Baca Juga:   Coldplay Siap Menghibur Penggemar di Konser Jakarta pada 15 November 2023 di SUGBK

“Pada tahun 2008 hingga 2010, di situlah mulai menyusup ke timur laut dan sekarang berada di 90% pasar obat Philadelphia, atau 25% di New York dan pasar obat tiga negara bagian,” kata Dr. Siddarth Puri, LA County Public Direktur Medis Kesehatan Asosiasi Pencegahan dan Pengendalian Penyalahgunaan Zat.

Pengedar narkoba sering menggunakan Xylazine untuk memotong heroin dan fentanyl, karena membuat obat tersebut bertahan lebih lama. “Kami melaporkan empat kasus overdosis di San Francisco pada bulan Februari. Di LA County, kami mengetahui satu kematian pada tahun 2021 terkait tranq,” tambah Dr Puri.

Loading