Kesempatan Emas! Pemerintah Buka 1 Juta Lowongan CPNS dan PPPK di Tahun 2023

Pemerintah membuka lowongan 1 juta Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang terdiri dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan hari ini dirinya akan menandatangani surat usulan untuk Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terkait formasi CPNS 2023.

“CPNS ini saya hari ini akan menandatangani surat usulan kepada Kementerian Keuangan,” kata Anas di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu (17/5/2023).

Anas menyebut pihaknya sedang berdiskusi intensif jelang pembukaan CPNS 2023. Salah satunya mempertimbangkan usulan untuk melibatkan lebih banyak lulusan baru (fresh graduate) terutama untuk sektor digitalisasi.

Baca Juga:   Kementerian Perhubungan Buka 18.017 Formasi ASN Tahun Anggaran 2024

“Ada banyak usulan supaya fresh graduate ini dilibatkan karena banyak anak-anak fresh graduate, tapi tidak ada di dalam formasi. Nah salah satu sektor yang akan kita berikan ruang adalah di digitalisasi,” ujarnya.

“Karena pemerintah sedang punya program digitalisasi, maka ke depan kita akan hitung berapa sebenarnya talenta-talenta digital yang akan kita berikan ruang di dalam rekrutmen ASN di 2023,” tambah Anas.

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Data, Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan-RB Mohammad Averrouce mengatakan rencana pembukaan formasi CASN 2023 mencapai 1.030.000 orang, terdiri dari CPNS dan PPPK di pusat dan daerah. Pada 2023 juga telah ditetapkan formasi untuk sekolah kedinasan sejumlah 4.672.

Baca Juga:   Pendaftaran CPNS 2023 Dimulai 3 Bulan Lagi, Simak 11 Jurusan S1 yang Dibutuhkan di Instansi Pusat dan Daerah

“Rencana kebutuhan ASN Pusat dan Daerah sejumlah 1,030 juta terdiri dari CPNS dan PPPK yang masih proses difinalisasi, sejalan proses validasi yang saat ini dilakukan terhadap usulan instansi pusat dan daerah,” tuturnya.

Sebelumnya Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PAN-RB Alex Denni mengatakan pendaftaran CPNS ditargetkan dibuka pada kuartal III-2023. Kalender seleksi telah selesai disusun dan dijamin pembukaannya akan dimulai lebih cepat dibanding tahun sebelumnya.

“Sudah ada kalender. Target kita April sudah ada mulai penetapan formasi. Jadi target kita lebih awal dari tahun lalu. Tahun lalu kan baru Oktober Q3, sekarang Q2 masuk formasi sudah ditetapkan, dan Q3 baru kita sudah mulai eksekusi,” kata Alex di Hotel Grand Sahid Rayaz, Jumat (26/01/2023).

Baca Juga:   BRIN Buka Pendaftaran CPNS untuk 500 Peneliti Ahli Muda, Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

“Iya (Juni 2023),” katanya saat ditanya seleksi CPNS dibuka Juni 2023.

Loading