Jelang Libur Natal Puncak Bogor Berlakukan Ganjil Genap Selama 24 Jam

Puncak Bogor akan selalu menjadi destinasi favorit warga Jabodetabek menghabiskan momen liburan, apalagi libur Natal yang cukup lama. Perlu diperhatikan, bagi traveler yang membawa kendaraan pribadi aturan ganjil genap berlaku di Puncak Bogor 22- 26 Desember.

Ganjil genap dilakukan selama 24 jam, dengan prioritas kendaraan roda empat. Dan warga Puncak yang hendak melintas bisa menunjukkan kartu identitas seperti KTP.

KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto mengatakan rekayasa lalu lintas lainnya juga dilakukan yaitu contraflow di sekitar Exit Tol Ciawi. Contraflow dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan.

Baca Juga:   26 Jalan di Jakarta Hari Ini Berlaku Lagi Ganjil Genap

“Kemudian pembukaan jalur contraflow dari Exit tol Ciawi sampai dengan Km 46.500 yang akan menuju maupun Ciawi,” ungkap Ardian.

Langkah lain yang dilakukan yaitu dengan sistem satu arah atau one way. One way juga dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan dari dan di Jalan Raya Puncak.

“Kemudian sistem buka tutup ataupun sistem one way baik ke arah Puncak atau dari Jakarta menuju Puncak, maupun dari Cianjur menuju ke Jakarta atau ke bawah. Itu dilaksanakan mulai dari 23-26, kemudian itu semuanya dilakukan dan dianalisasi secara situasional,” ungkapnya.

Baca Juga:   Ini 24 Kampus Menerapkan Kuliah Blended Learning

Puncak arus mulai terjadi pada hari Jumat dan Sabtu. Nantinya, pihak kepolisian akan melihat data jumlah kendaraan yang masuk dan menentukan rekayasa yang dilakukan.

“Perayaan Natal itu jatuh di hari Senin, prediksi kami untuk kepadatan ada di hari Minggu maupun hari Senin itu sendiri,” kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Noviant, Jumat (22/12/2023).

Ardian mengimbau pengemudi memerhatikan kendaraan sebelum menuju Puncak. Sehingga bisa berjalan tanpa hambatan, dan lolos uji kelaikan.

“Kami menyarankan agar wisatawan yang akan berwisata ke Puncak, itu tolong dilihat dan dicek betul lokasi yang akan menjadi destinasi tujuan pada saat wisata itu dimana. Sehingga dapat menggunakan kendaraan yang betul-betul laik untuk masuk,” tambahnya.

Loading