Daftar Parpol Lolos Parlemen Versi Quick Count Pemilu 90 Persen

Sejumlah lembaga survei telah merilis hasil quick count atau hitung cepat Pileg 2024. Dengan perolehan suara sementara di atas 90 persen, lima lembaga survei misalnya telah mencatatkan delapan hingga sembilan parpol bakal melenggang ke DPR RI lewat Pemilu 2024 ini.

Adapun syarat parpol dapat lolos ke Parlemen apabila mereka berhasil melampaui ambang batas parlemen alias parliamentary threshold sebesar 4 persen.

Pertama, Charta Politika merilis hasil quick count alias hitung cepat Pileg 2024 dengan perolehan suara 92,30 persen per Kamis (15/2) pukul 09.29 WIB. Berdasarkan hasil hitung cepat Charta, terdapat sembilan parpol yang lolos ke Parlemen.

Disesuaikan dengan urutan, mereka yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, PKS, Partai NasDem, Partai Demokrat, PAN, dan PPP. Jumlah parpol tersebut sama seperti dengan Pileg 2019, hanya saja urutan perolehan suaranya yang berbeda.

Baca Juga:   Daftar 8 Partai Lolos ke DPR Hasil Pemilu 2024

Kedua, Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang sedikit berbeda. Data per Kamis (15/2) pukul 11.12 WIB dengan 92,15 persen suara yang masuk, hanya delapan parpol yang lolos ke Parlemen. Sebab PPP masih berada di 3,79 persen suara.

Urutan perolehan tertinggi ke terendah pun juga berbeda dengan Charta. LSI mencatatkan PDIP paling unggul, disusul Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Ketiga, Poltracking Indonesia dengan perolehan suara yang masuk sebesar 96,70 persen per Jumat (16/2) pukul 04.23 WIB. Hasilnya juga masih delapan parpol yang lolos ke parlemen lantaran suara PPP masih berada di 3,66 persen.

Baca Juga:   Daftar 25 Calon Anggota DPD RI Daerah Pemilihan Provinsi DKI Jakarta di Pemilu 2024

Urutan parpolnya pun senada dengan LSI, yakni PDIP paling teratas, disusul Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Keempat, Litbang Kompas pun mencatatkan hanya delapan parpol yang lolos parlemen berdasarkan total suara masuk sebesar 95,95 persen per Kamis (15/2) pukul 21.30 WIB.

Urutan parpol tertinggi ke terendah, yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKB, Partai NasDem, PKS, Partai Demokrat, dan PAN.

Kelima, Politika Research and Consulting (PRC) juga merilis hasil quick count Pileg 2024 dengan perolehan suara 97,75 persen per Kamis (15/2) pukul 21.00 WIB.

Berdasarkan hasil hitung cepat PRC, terdapat delapan parpol yang lolos ke Parlemen. Urutan PRC pun berbeda dengan empat lembaga survei sebelumnya, dalam survei kali ini Demokrat menyalip PKS dan PAN.

Baca Juga:   MK Akan Mengambil Keputusan Terkait Pemilu Terbuka atau Tertutup, Ketok Palu Akan Dilakukan Hari Ini!

Namun yang perlu diingat, hasil hitung cepat berasal dari survei dan bukan hasil perhitungan resmi. Jumlah suara resmi tetap menunggu perhitungan suara manual oleh KPU.

CNN Indonesia dalam Pemilu 2024 kali ini memang bekerja sama dengan enam lembaga survei untuk menampilkan hasil quick count. Yaitu, Litbang Kompas, PRC, Poltracking Indonesia, Charta Politika Indonesia, LSI, serta Voxpol Center Research & Consulting.

Enam lembaga itu telah terdaftar dan terverifikasi sebagai 83 lembaga survei atau jajak pendapat dan penghitungan cepat hasil Pemilu 2024 oleh KPU.

Loading