Cegah Penyadapan! Pelajari Cara Mudah Menemukan Kamera Tersembunyi di Penginapan

Sebuah kamera tersembunyi ditemukan di dalam stopkontak di kamar mandi rumah yang disediakan Airbnb. Kejadian ini menjadi viral di media sosial setelah sekelompok gadis menemukan kamera itu saat dalam acara perayaan ulang tahun teman mereka.
Awalnya, sekelompok gadis ini skeptis ketika salah satu teman mereka paranoid tentang kamera di rumah yang mereka sewa melalui Airbnb. Tetapi, untuk memastikan, pada akhirnya mereka mencari kamera tersembunyi.

Ternyata benar, sebuah kamera tersembunyi mereka temukan dan kamera itu menghadap ke pancuran atau shower di kamar mandi. Pancuran yang memang digunakan semua tamu ketika menginap di rumah tersebut.

Airbnb merupakan layanan online yang menyediakan jasa sewa rumah atau apartemen yang tersebar di berbagai penjuru dunia. Menurut Airbnb, pihaknya telah melarang pemakaian atau keberadaan kamera tersembunyi. Saat ini, Airbnb tengah menyelidiki tuduhan tersebut.

Seperti dilansir View From The Wing, kejadian kamera tersembunyi ini tentu membuat traveler meningkatkan kewaspadaan saat bermalam di penginapan. Sebab, tentu saja tujuan sengaja menempelkan kamera tersembunyi di kamar mandi patut dicurigai.

Bukan hanya itu, rekaman video dari kamera tersembunyi yang ada di kamar hotel atau kamar mandi penginapan telah melewati batas pribadi dan hasilnya berpotensi disalahgunakan. Hal yang sangat menakutkan.

Di penginapan, kamera sering disembunyikan di dalam perangkat yang mungkin kamu temukan di ruangan seperti radio, jam, detektor asap, atau di dalam ventilasi AC. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk memastikan penginapan yang kamu tempati tidak ada?

Baca Juga:   Resmi! Pajak Hiburan di Jakarta Naik jadi 40 Persen

Pertama, periksa di sekitar ruangan untuk perangkat di dekat tempat seseorang mungkin ingin merekam, seperti tempat tidur atau pancuran. Kedua, biasanya pada perangkat kamera tersembunyi.

Periksa perangkat yang berpotensi jadi tempat diletakkannya kamera tersembunyi dengan menyinari perangkat tersebut. Yang ketiga, cari sensor infra merah pada perangkat, lebih mungkin di kamar tidur daripada kamar mandi (karena orang biasanya tidak mandi dalam gelap).

Kamu juga dapat menggunakan detektor frekuensi radio untuk memeriksa sinyal dari perangkat. Selain itu, periksa plester di dekat dinding atau furnitur, karena bisa jadi dari lubang kecil yang dibor.

Kemudian, cari penempatan objek yang tidak biasa (untuk mendapatkan sudut yang tepat pada Anda). Cari cat baru di area. Dan dengarkan statis dari telepon (yang mungkin berarti sinyal radio).

Sejauh ini, Airbnb memiliki masalah dengan kamera tersembunyi di rumah yang memang juga ditempatkan di sana oleh pemiliknya.

Sebelumnya, seorang wanita yang menuntut Hotel Hilton sebesar US$100 juta, karena seorang karyawan merekamnya di kamar mandi dan menggunakan rekaman itu untuk memerasnya. Bahkan ada situs langganan tempat orang membayar untuk menonton tamu hotel dimata-matai di kamar mereka.

Loading