Cara Bongkar Pasang Ban Mobil dengan Benar dan Aman

Pengguna mobil sering panik ketika mengetahui ban mobil yang sedang dikendarai kempis atau bocor di tengah jalan. Apalagi ketika situasinya tidak ada orang yang bisa membantu, maka mau tidak mau Anda harus bisa mengganti ban mobil sendirian.

Mengganti ban mobil sendiri sebetulnya bukan perkara sulit. Sebelum memulainya pastikan dahulu jika di dalam mobil tersedia peralatan pendukung seperti dongkrak dan kunci roda.

Berikut cara bongkar pasang ban mobil dengan benar

Tepikan mobil dan beri tanda peringatan

Ketika ban bocor di tengah perjalanan, segera tepikan mobil Anda dan beri tanda peringatan. Hal ini agar para pengemudi lain tahu bahwa mobil Anda sedang bermasalah dan butuh perbaikan.

Siapkan peralatan yang dibutuhkan

Baca Juga:   Cara Parkir Mobil Matic yang Benar, Rem Tangan atau P Dulu?

Setelah mobil menepi, matikan mesin mobil Anda. Ambil peralatan yang dibutuhkan untuk mengganti ban mobil, seperti dongkrak, kunci roda, dan ban cadangan. Peralatan ini biasanya sudah Anda dapat sejak kali pertama membeli mobil.

Kendurkan baut

Jika ada penutup bau ban mobil, lepaskan terlebih dulu menggunakan obeng. Kemudian, gunakan kunci roda untuk memutar baut ban dengan arah berlawanan jarum jam.

Agar proses lebih cepat, Anda bisa mengendurkan baut ban yang saling berseberangan. Namun pada langkah ini, jangan sampai baut ban lepas, Anda hanya cukup mengendurkan baut ban.

Dongkrak mobil

Pada langkah ini, Anda perlu memasang dongkrak dengan benar. Pertama, pasang dongkrak di dekat ban mobil yang bocor dan akan diganti.

Baca Juga:   VIRAL Emak-emak di Aceh Ngamuk di Masjid dan Banting Al-Qur'an

Kemudian, pastikan memasang dongkrak pada struktur yang kuat. Titik terbaik memasang dongkrak ada di titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda.

Setelah menemukan posisi terbaik, pastikan posisi dongkrak tegak lurus, jangan sampai miring. Selanjutnya, angkat ban menggunakan dongkrak hingga ban mobil terangkat.

Buka baut ban yang akan diganti

Ketika mobil terangkat, buka baut ban secara keseluruhan sampai lepas. Simpan baut yang telah dilepas agar tidak tercecer.

Tarik ban lama hingga keluar dari rumah roda. Letakkan juga ban dengan posisi tidur agar tidak menggelinding ke jalan.

Pasang ban mobil cadangan

Masukkan ban mobil cadangan secara perlahan dengan sedikit digoyangkan. Setelah ban terpasang, masukkan baut dengan cara berseberangan seperti saat mengendurkan baut. Anda hanya perlu memasang baut, tanpa perlu mengencangkan baut terlebih dulu.

Baca Juga:   Tips Cara Menjaga WhatsApp Tidak di Hack Orang Lain

Turunkan dongkrak dan kencangkan baut

Selanjutnya, turunkan dongkrak secara perlahan sampai ban menyentuh tanah. Jika sudah, lepaskan dongkrak dan kuatkan baut satu per satu.

Untuk mengetes apakah ban sudah benar-benar terpasang, Anda bisa menendang ban. Jika sudah, maka ban tidak akan bergeser saat ditendang.

Simpan kembali ban bocor dan peralatan

Setelah selesai, Anda tinggal melepas dongkrak secara perlahan dan pastikan ban menapak hingga sempurna di permukaan. Kemudian bereskan segera serta simpan ban yang rusak dan peralatan masuk ke bagasi, demikian mengutip Daihatsu.

Loading