Berbagai Fakta Unik Google Yang Banyak Belum Diketahui

Pada mulanya, Larry Page dan Sergey Brin menamai mesin pencariannya dengan Backrub. Namun pada tahun 1997, mereka mengganti nama BackRub menjadi Googol. Karena sering salah baca pengejaan Googol pun kini menjadi nama Google. Google sendiri adalah nama istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Yang artinya mereka ingin mendefinisikan diri sebagai gudang informasi yang luas tak terbatas di Internet.

Sejak tahun 2010, jika dihitung rata-rata setiap minggunya Google mengakuisi ratusan startup. Beberapa di antaranya seperti yang kita kenal saat ini, seperti Android, YouTube, hingga Waze.

Sebagai bentuk ramah terhadap lingkungan alam, Google menyewa ratusan kambing untuk memotong rumput di kantor pusatnya di Mountain View, California, Amerika Srikat. Menurut karyawan yang berkerja di sana, mereka lebih senang melihat rumputnya ‘dipotong’ kambing ketimbang melihat manusia yang menggunakan alat mesin pemotong rumput.

Ingin melihat bumi dan planet lainnya? Coba buka Google Maps, khususnya di desktop lalu pilih Satllite yang berada di pojok kiri bawah. Setelah itu zoom in hingga mentok, maka di bagian kiri akan muncul pop up deretan nama-nama planet di muka bumi ini. Kita pun bisa zoom in atau out dan menggeser atau memutar-mutar dengan perangkat mouse kita

Baca Juga:   Cara Bikin Stiker WA Langsung di WhatsApp Web Tanpa Aplikasi Lain

Pada tahun 1998, Google Doddle pertama muncul. Pada saat itu Brin dan Page pergi berkunjung ke festival bernama Burning Man hingga tidak bisa mengurusi Google. Untuk memberikan pesan kepada pengakses bahwa mereka sedang di luar kantor, mereka pun mendesain Google Doddle dengan gambar ‘Burning Man’ sehingga mereka berharap dapat dimaklumi jika tidak bisa membenarkan masalah teknis, misalnya jika ada crash tertentu di Google

Di tahun 2014 Google menyewa sebuah lapangan terbang milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) selama 60 tahun tersebut yang mengucurkan dana senilai USD 1,16 miliar. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan penelitian luar angkasa. Tempat ini hanya milik Google saja yang boleh mendaratkan pesawatnya.

Bekerja di Google tak perlu takut kelaparan. Google pun memanjakan karyawan dengan memberikan fasilitas makanan gratis dari aneka snack hingga makanan berat. Google juga menjamin para pegawainya tak pernah lebih dari 150 kaki dari tempat yang menyediakan makanan, yang artinya para pegawai tak akan kesulitan untuk mencari makanan saat lapar.

Baca Juga:   WhatsApp Menghadirkan Fitur Channels Baru, Memungkinkan Pengguna untuk Mengikuti Akun Favorit

Di salah satu sudut kantor pusat Google ada replika kerangka dinosaurus jenis T-Rex dengan puluhan burung flamingo warna pink. Hadirnya kerangka T-Rex ini bukan tanpa sebab, Google ingin mengingatkan kepada karyawan agar mereka jangan sampai punah dan cuma jadi sejarah.

Pada tahun 1996, Google masih dalam tahap percobaan. Mereka membuat storage pertamanya yang hanya berkapasitas 40 GB. Uniknya, bahan pembuatan casingnya dari Lego, mainan yang bisa disusun menjadi bentuk-bentuk tertentu.

Bisa bermain game Atari breakout di Google, lho. Caranya hanya mengetikan nama Atari breakout di Google images maka permainan bisa langsung dimainkan.

Google mengizinkan para karyawan untuk membawa hewan-hewan peliharaannya seperti anjing ataupun kucing. Namun dengan catatan, kehadiran mereka tidak akan mengganggu karyawan lain yang sedang bekerja. Aturan ini pun berlaku bagi jabatan apapun, baik staf biasa ataupun para petinggi.

Kesulitan membaca ejaan angka panjang misal 1,347,435 ? coba saja ketikan angka yang dikehendaki diakhiri dengan kalimat ‘=english’ maka akan keluar cara baca yang benar. Dengan catatan, angkanya tidak lebih dari 12 digit.

Baca Juga:   Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android dan iOS

Tahukah Anda bahwa Google sempat dijual murah oleh Larry Page seharga USD 1,6 juta di tahun 1997 kepada Excite namun ditolak. Kini nilai Google pun sudah mencapai USD USD 300 miliar.

Cuitan pertama Google di Twitter pada tahun 2009 “I’m 01100110 01100101 01100101 01101100 01101001 01101110 01100111 00100000 01101100 01110101 01100011 01101011 01111001 00001010.” yang artinya adalah “I’m feeling lucky”, salah satu frase terkenal Google

Saking populernya, Google akhirnya dianggap sebagai kata dan masuk dalam kamus bahasa Inggris bergengsi. Kamus Merriam Webster dan Oxford English Dictionary memasukkan kata Google sebagai verb atau kata kerja.

Adanya aturan bekerja 80/20 bagi karyawan Google, yang artinya 20% si karyawan boleh menghabiskan waktu untuk mengerjakan apa yang mereka sukai di luar kerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Ini merupakan salah satu cara Google untuk tetap mendukung dan menghargai para karyawan, dan tentu juga berdampak bagi kemajuan perusahaan juga.

 

 

 

Loading