Artis yang Dukung Palestina, Gigi Hadid hingga Mia Khalifa

Sejumlah selebriti tanah air hingga mancanegara menunjukkan dukungan mereka terhadap Palestina di tengah memanasnya perang yang terjadi antara Israel dengan Hamas di Gaza sejak awal Oktober lalu.

Israel pun telah mendeklarasikan perang setelah Hamas melancarkan serangan mendadak pada Sabtu (7/10). Sejak perang Hamas-Israel pecah, Tel Aviv terus menggempur Gaza terutama setelah mengintensifkan serangan darat dan udara pada Jumat (27/10).

Israel terus meluncurkan serangan udara dengan menargetkan kawasan padat penduduk, seperti kamp pengungsi hingga sekolah dan rumah sakit yang kini dijadikan tempat berlindung warga.

Pada Selasa (31/10), Israel menyerang Jabalia, kamp pengungsi terbesar di Gaza yang setara dengan Hyde Park di London, dan menewaskan ratusan orang. Kamp yang menampung 16 ribu warga ini diserang dua kali oleh Negeri Zionis.

Pada Kamis (2/11), Israel kembali menyerang kamp Bureij hingga menewaskan 15 orang. Sejumlah orang pun hingga kini dilaporkan masih terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

Sejak saat itu, dukungan para selebriti terhadap rakyat sipil Palestina pun semakin menguat, termasuk menggalang bantuan, setelah begitu banyak masyarakat Gaza yang menjadi korban gempuran Israel.

Keluarga Hadid yang memiliki darah Palestina menjadi salah satu pihak yang vokal dalam menyuarakan keprihatinan mereka terhadap rakyat sipil Palestina.

Dukungan terbuka juga dinyatakan oleh The Rock, Mark Ruffalo, hingga Zayn Malik dan Aldi Taher.

Berikut selebriti pendukung Palestina dalam perang Israel vs Hamas.

1. Keluarga Hadid

Gigi dan Bella Hadid berulang kali buka suara mengenai perang Israel dan Hamas beberapa hari terakhir melalui media sosialnya. Mereka berdua menyoroti isu kemanusiaan atas krisis yang terjadi di Jalur Gaza.

Baca Juga:   Ini Kata Aa Gym Tentang Spanduk HUT RI yang Disebut Ada Tanda Salib

Gigi Hadid menjadi pihak pertama yang vokal dalam menyuarakan pembelaannya terhadap rakyat Palestina, meski ia tidak membenarkan sikap Hamas dalam perang terkait.

Imbas pernyataan awal Gigi, keluarga Hadid disebut menerima ancaman melalui pesan yang dikirimkan via email, media sosial, bahkan ke telepon genggam masing-masing.

Beberapa hari kemudian pada Jumat (27/10), giliran Bella buka suara dan mengaku mendapatkan banyak ancaman dan bahaya. Namun, ia tidak ingin tinggal diam atau takut melihat penderitaan orang dan anak-anak di Palestina.

Terbaru, Bella Hadid juga membuat surat terbuka kepada Presiden AS Joe Biden agar mendesak gencatan senjata antara Hamas dan Israel. Hadid juga mendesak Biden segera menyerukan deklarasi.

“Kami mendesak pemerintahan Anda, Kongres, dan semua pemimpin dunia untuk menghormati semua nyawa di Tanah Suci,” tulis Bella dalam surat terbuka kepada Biden.

“Dan menyerukan serta memfasilitasi gencatan senjata tanpa penundaan–mengakhiri pemboman di Gaza, dan pembebasan sandera secara aman,” lanjutnya.

2. Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Pasangan suami istri selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menyatakan dukungan terbuka mereka terhadap rakyat Palestina. mereka berdua juga menggalang donasi yang diperuntukkan untuk korban perang di Palestina.

“Bismillah. Aku, Nagita, Rafathar, Rayyanza, & seluruh tim RANS bermaksud menggalang donasi untuk saudara kita di Palestina,” tulis Raffi Ahmad dalam unggahan di Instagram, Jumat (3/11).

“Bagi mereka, bantuan kemanusiaan dari kita semua,” sambung Raffi dilengkapi dengan emoji semangka sebagai simbol pembelaan terhadap rakyat Palestina.

Donasi yang digalang oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dapat diakses melalui tautan berikut. (https://kitabisa.com/campaign/ranspeduligaza).

Baca Juga:   Antusiasme Tinggi! Coldplay Buka Penjualan Tiket Tambahan di Jakarta Hanya Rp315 Ribu Hari Ini

3. Mia Khalifa

Melalui akun X, Mia Khalifa kerap menyoroti kehidupan rakyat Palestina yang terus tertindas oleh sikap pemerintah dan militer Israel di tengah konflik yang terus berkecamuk di wilayah Gaza.

Meski kini terpantau cukup jarang untuk menyuarakan tulisan pribadinya, Khalifa terus me-repost unggahan-unggahan yang bernadakan dukungan terhadap Palestina.

Dalam cuitannya yang terbaru, model keturunan Lebanon itu menuliskan pernyataan singkat dalam menegaskan dukungannya ke Palestina.

“F**k Balfour,” tegas Khalifa, Kamis (2/11) merujuk kepada Deklarasi Balfour dari Pemerintah Britania pada 1917 yang mendukung pembentukan negara Israel di wilayah Kanaan.

4. Zayn Malik

Serupa dengan keluarga Hadid, mantan anggota One Direction Zayn Malik juga mengunggah surat terbuka kepada Presiden AS Joe Biden agar mendesak gencatan senjata antara Hamas dan Israel dalam petisi Artist 4 Cease Fire.
Penyanyi keturunan Pakistan ini dengan lantang menyuarakan soal hak asasi manusia (HAM) lewat unggahan di Instagram pribadinya.

“Kami mendesak kebijakan Anda, serta para pemimpin dunia, untuk menghormati seluruh nyawa di Tanah Suci, agar segera memerintahkan gencatan senjata,” unggah Zayn Malik di fitur story Instagram, Kamis (2/11).

“Serta hentikan pengeboman di Gaza dan lepaskan seluruh tawanan dengan aman.”

5. Ahmad Dhani

Pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani memposting sebuah cuplikan video tragis di Instagram, Selasa (17/10), yang menunjukkan ayah dan anak asal Palestina dirawat berdampingan di sebuah rumah sakit di Gaza.

Keduanya mengalami luka cukup serius dengan kondisi sang anak yang nampak lebih mengenaskan.

Baca Juga:   Ini Negara Yang Memutus Hubungan dengan Israel

Merespons hal itu, Dhani pun menuliskan sebuah pernyataan yang memuji sikap dan keberanian masyarakat sipil Palestina sebagai korban perang.

“Rumahnya para pemberani, Palestina,” ujar Dhani.

“Seorang anak Palestina menenangkan ayahnya setelah keduanya mengalami luka berat imbas serangan dari tentara Israel,” sambungnya menjelaskan latar belakang video tersebut.

6. Mark Ruffalo

Aktor pemeran Hulk Mark Ruffalo menjadi salah satu selebriti mancanegara yang giat untuk menyuarakan dukungannya terhadap rakyat Palestina.

Dalam beberapa cuitan terbaru di akun X miliknya, Ruffalo lebih menegaskan pentingnya kedua belah pihak untuk menghentikan perang.

Namun sebelum perang Israel vs Hamas membuncah kembali, Ruffalo sempat mencuitkan selisih pandangnya dengan pemerintah Israel di bawah kepemimpinan PM Benjamin Netanyahu.

Saat itu, Ruffalo mengutuk pernyataan Menteri Keuangan Israel Belzel Smotrich yang memerintahkan untuk menghapus Huwara, sebuah desa kecil rakyat Palestina di sebelah utara Tepi Barat.

“Ini saatnya untuk menghukum pemerintah sayap kanan milik Netanyahu dan menolak visa mereka karena dukungan mereka terhadap genosida,” ujar Ruffalo di akun X-nya pada Maret lalu.

7. Aldi Taher

Presenter dan musisi Aldi Taher konsisten mengunggah konten berisikan dukungan terbukanya terhadap perjuangan rakyat Palestina di tengah peperangan Israel melawan Hamas.

Dalam unggahan terbaru pada Rabu (1/11), Taher memamerkan donasinya senilai Rp5 juta kepada rakyat Palestina.

“Bismillah saya adalah buzzer Allah, saya Ketum Partai Bingung Indonesia, kemanusiaan lawan Zionis,” kata Aldi Taher.

“Ahamdulillah hasil honor syuting hari ini untuk makan anak-anak Palestina dan warga Palestina,” sambungnya.

Loading