Wuling Perkenalkan Cloud EV: Mobil Listrik Terbaru Siap Menggebrak Pasar Indonesia

Wuling merupakan salah satu pionir mobil listrik di Indonesia. Saat ini lewat Air ev penjualannya sudah tembus belasan ribu unit. Kini diam-diam Wuling mendaftarkan produk barunya di Indonesia, lho!

Hal ini diketahui dalam Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Tercantum permohonan DID2023081672 dengan nama pemilik SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd.

Permohonan itu memuat nama Cloud EV dengan tanggal perlindungan 16 September 2023. Cloud EV diketahui merupakan mobil listrik hatchback berkapasitas 5-penumpang yang sudah dirilis pada 11 Agustus 2023 di China.

Dikutip dari Carnewschina, Kamis (5/10/2023) Cloud EV memiliki jarak tempuh 360 kilometer dan 460 kilometer. Terdapat empat model yang ditawarkan yakni 360 plus, 360 pro, 460 pro, dan 460 max. Semua model dibekali motor yang menghasilkan tenaga 100 kW dan 200 Nm.

Baca Juga:   Biaya Service Mobil Listrik Berkala di Indonesia

Cloud memiliki dua daya jelajah listrik murni sepanjang 360 km dan 460 km, masing-masing disediakan oleh paket baterai lithium iron phosphate 37,9 kWh dan 50,6 kWh.

Mobil tersebut berukuran panjang 4.295, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.652mm, dengan jarak sumbu roda 2.700 mm. Bila dibandingkan dengan Air ev, model ini berukuran lebih besar.

Dian Asmahani selaku Direktur Pemasaran Wuling Motors Indonesia enggan berbicara lebih lanjut soal Cloud EV. Dia tidak mengkonfirmasi ataupun membantah terkait pendaftaran Cloud EV.

Baca Juga:   Skandal Uji Tabrak di Jepang: Raize dan Rocky Hybrid Terlibat Kontroversi

“Kita lagi launching Almaz. Kita belum bisa ngomong masalah itu karena sekarang kita fokus di launching Almaz,” Dian Asmahani Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (5/10/2023).

Dian menjelaskan secara prinsipal sudah memiliki line up yang lebih lengkap. Namun untuk dipasarkan di Indonesia perlu pertimbangan secara penerimaan pasar.

“Secara produk portofolio sudah banyak produk di headquarters, artinya secara kapabilitas bisa menghadirkan banyak produk di Indonesia, tetapi produk apa dan kapan, itu kita mesti evaluasi dengan market dan industri otomotif di Indonesia,” kata dia.

Baca Juga:   Harga Mobil Listrik Xiaomi yang Sudah Bisa Dipesan Akhir Maret

Soal harga Cloud EV dijual mulai 95.800 yuan hingga 123.800 yuan atau sekitar Rp 207 jutaan hingga Rp 268 jutaan. Di China Cloud EV berada di bawah bendera Baojun.

“Kalau di China mereknya bukan Wuling, Baojun ya. Itu kita belum sampai ke sana. (Kalau dijual di Indonesia) Yang pasti jauh lebih mahal daripada yang ada di China,” kata Product Planning Wuling Motors,Danang Wiratmoko.

Loading