Viral Toyota Veloz Overheat, Penyebab Mesin Mobil ‘Kepanasan’

Seorang netizen yang mengklaim pengguna Toyota Veloz mengalami nasib tidak mengenakan saat dipakai berlibur. Kendaraan yang dikendarai rusak dan harus diangkut pakai truk.

Padahal menurutnya mobil tersebut baru ia beli sekitar dua bulan yang lalu, mengutip akun @yoona_meii. Berdasarkan pengalamannya, mobil tiba-tiba mengalami masalah dan muncul peringatan harus berhenti sementara.

“Aku lagi nyetir di jalan seperti biasa, tiba-tiba muncul notification (pemberitahuan). Auto panik dong, terus disuruh stop in safe place (berhenti di tempat aman) dan menghubungi dealer. Soalnya AC tiba-tiba panaaaas banget,” tukas Yoona.

Yoona bercerita, mobil yang sudah ditangani montir tersebut mengalami overheat dan harus segera ditangani.

Untuk diingat ada beberapa penyebab mobil overheat karena ada masalah pada sistem pendingin mesin. Overheat jangan dianggap sepele, sebab bisa merusak jeroan mesin. Jika Anda mendapati mesin overheat, sebaiknya jangan memaksa mobil terus bergerak, karena memperbesar risiko.

Baca Juga:   Motor Kawasaki W175 Bakal Diluncurkan dengan Mesin Injeksi

Penyebab mesin overheat bisa bikin mobil terbakar

Dilansir dari laman Car and Bike, setidaknya terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab mobil Anda mengalami overheat.Dan celakanya, hampir semua penyebabnya adalah karena kelalaian dari pemilik kendaraan atau human error.

Cairan radiator habis

Habisnya cairan radiator menjadi penyebab paling umum ditemukan pada kasus mobil overheat.Meskipun fungsi cairan radiator ini sangat penting, namun faktanya masih banyak pemilik kendaraan yang enggan untuk mengecek kondisi air radiator. Cairan radiator ini berfungsi untuk mendinginkan suhu mesin, jika sampai cairan radiator ini habis, maka suhu mesin akan naik dan terjadilah overheat.

Radiator rusak

Penyebab mobil overheat berikutnya adalah terjadinya kerusakan pada radiator. Kasus yang jamak terjadi adalah retak atau pecahnya selang radiator yang membuat cairan radiator habis. Karena terbuat dari bahan karet, seiring berjalannya waktu selang radiator ini menjadi getas dan mudah retak atau pecah.

Baca Juga:   Cara Melepas Aki Mobil yang Benar

Oli mesin habis

Selain cairan radiator, oli juga berfungsi untuk mendinginkan mesin. Selain itu oli juga berfungsi untuk melumasi setiap bagian yang ada di dalam mesin untuk meminimalisir gesekan yang terjadi. Pada saat oli sudah rusak atau bahkan sampai habis, maka gesekan yang timbul antar part di dalam mesin semakin besar. Dampaknya tentu saja overheating.

Termostat rusak

Rusaknya thermostat menjadi penyebab mobil overheat berikutnya yang wajib untuk Anda perhatikan. Thermostat sendiri merupakan pusat kontrol yang memerintahkan cairan radiator perlu atau tidak untuk mendinginkan mesin. Pada saat termostat rusak, maka radiator tak mampu menjalankan instruksi dengan baik.

Baca Juga:   Laku Keras Wuling Air ev Bekas KTT ASEAN Dijual Murah

Apakah overheat bisa bikin mobil terbakar?

Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, apakah overheat bisa menyebabkan mobil terbakar? ternyata hal ini sangat bisa sekali. Kebakaran ini bisa terjadi jika pemilik kendaraan masih saja memaksakan mobil yang sudah mengalami overheat untuk tetap berjalan.

Panas yang terjadi di ruang mesin bisa membuat kabel-kabel yang ada di ruang mesin menjadi meleleh hingga menyebabkan korsleting.Selain itu, bisa juga mobil terbakar karena overheat ini dikarenakan melubernya oli mesin karena seal mesin bocor. Rembesan oli inilah yang bisa terbakar karena panasnya ruang mesin.

Karena itu perawatan yang teratur sangat diperlukan terutama pada sektor pendinginan mesin. Seperti radiator, thermostat, kipas, dan juga oli.

Loading