Viral Teknisi Sound Panjat Tiang Bendera saat Upacara HUT RI di Ciputat

Aksi heroik terjadi saat pelaksanaan upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Lapangan Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Kamis 17 Agustus 2023. Seorang teknisi sound system nekat memanjat tiang bendera, demi memperbaiki tali supaya merah putih tetap berkibar.

Kejadian pada upacara Hari Kemerdekaan RI itu juga membuat warga setempat langsung mengabadikan aksi heroik seorang teknisi sound dengan memakai ponsel. Sehingga, hal tersebut viral di media sosial (medsos).

Seperti terlihat dalam cuplikan video di akun medsos @Tangsel Life yang terpantau ANTARA di Tangerang, Kamis, memperlihatkan seorang teknisi itu memanjat tiang bendera tanpa dilengkapi peralatan khusus.

Hal itu dilakukan seorang teknisi sound yang diketahui bernama Zani Abdillah (22) itu ketika tali yang mengikat bendera merah putih putus saat akan dibentangkan. Secara refleks, dirinya berlari dan bergegas menaiki tiang bendera.

Baca Juga:   Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Nataru KAI Operasikan 11 Kereta Api Tambahan

Pujian Netizen

Dengan terjadinya peristiwa itu pun merubah suasana khidmat menjadi menggegerkan dan atas aksinya tersebut sontak mendapat tepuk tangan dari para peserta upacara.

Tali tiang bendera yang putus selanjutnya dipasang kembali oleh petugas pasukan pengibar bendera merah putih. Upacara pengibaran bendera merah putih pun dapat dilanjutkan lagi.

Pujian pun datang dari netizen dan membanjiri kolom komentar. “Mantapp bang, paskibra-nya jg profesional, keren…!! Jadi kangen Rempoa, kecil di sana,” tulis seorang netizen.

“Ini kebetulan saya ada di situ juga, ikut upacara dan menyaksikan kejadian itu. Sumpah pas liat kaget kok bs ? padahal paskibra nya itu udh latihan sampe berhari-hari, dan tiba waktu nya hari ini kejadian seperti ini , semua kaget, terkejut .. Pas ada yang lari ke tengah lapangan buat ambil tali yang putus, sumpahh liatnya langsung teharu, merinding, dann ternyata bisa liat langsung kejadian kayak gini.. Dan ini semuanya spontan, gak rekayasa.. Terima Kasih buat Abang yang Lari dan panjat tiang, hingga sampaii lahh Sang Merah Putih Berkibar..,” timpal yang lainnya lagi.

Tapi ada beberapa netizen yang mengeluhkan masalah tali kerap terjadi. “masa tiap tahun ada kasus bgnian, semenjak dulu ada anak kecil yg manjatt.. emang gk dicek dulu tali dsb? ini di tangsel loh yg nyari apa apa masih mudah, bukan di tengah hutan papua.. hadehh,” tulis seorang netizen.

Hanya Reflek

Sementara itu, Zani mengaku bahwa aksinya itu merupakan inisiatifnya sendiri karena melihat pengibaran bendera merah putih yang saat akan naik ke atas tiang tiba-tiba berhenti lantaran tali copot.

Baca Juga:   Viral Driver Ojol Dikalungi Borgol Oleh Oknum Satpam, Polisi Amankan Pelaku

“Saya melakukan hal itu reflek saja, karena lihat tali bendera putus,” akunya.

Ia juga mengungkapkan, aksi dilakukannya bukan semata-mata untuk dipuji oleh orang lainnya. Namun, sebagai melancarkan acara dalam mengenang para pahlawan yang telah gugur di ‘Medan Perang’ berjuang melawan penjajahan hingga mencapai kemerdekaan.

“Alhamdulillah upacara lancar. Bendera udah naik,” ujar dia.

Loading