Viral Praktek Pernikahan SMA di Bulukumba Telan Biaya Sampai Rp13 Jutaan, Bak Resepsi Pernikahan

Praktik pernikahan yang dilakukan di sekolah, umumnya hanya diselenggarakan ala kadarnya. Namun, berbeda dengan yang dilakukan murid-murid SMA Negeri 9 Bulukumba, Sulawesi Selatan berikut ini.

Alih-alih membuat praktik pernikahan dengan sederhana, mereka disebut sampai menghabiskan dana Rp13 juta untuk melakukan kegiatan yang diselenggarakan pada Selasa, 14 November 2023 lalu.

Dalam video berdurasi 1 menit 5 detik yang diunggah akun TikTok @kikiduyulovm3_, tampak praktik pernikahan murid SMAN 9 Bulukumba itu sekilas seperti pesta pernikahan sungguhan.

Seorang siswa dan siswi didandani layaknya mempelai pengantin laki-laki dan perempuan lengkap memakai baju pernikahan khas adat Bugis. Sementara, sejumlah murid lain berperan sebagai tokoh pendukung.

Baca Juga:   Viral Bupati Rokan Hilir dan Wakilnya Nyaris Baku Hantam di Acara Pelantikan

Kedua mempelai pengantin ini tampak berjalan menuju ke pelaminan diiringi rombongan. Dekorasi serta suasana dalam acara tersebut dibuat kental bernuansa adat Bugis.

Dalam acara tersebut Kedua mempelai juga melaksanakan prosesi Mappacci, upacara adat yang berasal dari Provinsi Sulawesi Selatan. Upacara Mappacci atau Mappaccing berasal dari kata ‘Paccing’ yang berarti bersih, tujuannya untuk membersihkan diri dari semua hal yang dapat menghambat pernikahan.

Dalam unggahan lainnya, terlihat momen ketika mempelai wanita yang tengah duduk di pelaminan sedang melakukan prosesi pembersihan oleh kedua orang tua yang diperankan oleh guru.

Baca Juga:   Apa Air Beras Bagus untuk Merawat Rambut? Simak Penjelasannya

Disampaikan oleh pengungah, kegiatan ini sengaja dilakukan untuk mengenalkan adat dan budaya pernikahan suku Bugis kepada generasi muda, khususnya murid SMA 9 Bulukumba.

Sejak artikel ini dibuat, video tersebut telah ditonton lebih dari 2,2 juta kali, dan dipenuhi 2078 komentar. Tidak sedikit warganet yang penasaran berapa biaya yang dihabiskan untuk melakukan praktek pernikahan tersebut.

“Keluarin dananya berapa ya untuk acara begini?” tanya seorang warganet.

“izin jawab,13 juta lebih,” jawab warganet lain.

“kak serius tanya , praktek gini biaya sendiri/iuran atau guru yang tanggung?” tanya warganet lagi

Baca Juga:   Arti Sleep School yang Viral di Tiktok

“izin jawab ya kak, ini make dana sekolah ya,” jawab warganet

Loading