VIRAL Mbah Melan, Kakek Pensiunan Guru Ngajar Matematika via Live TikTok

Guru merupakan pilar utama pembentukan generasi masa depan. Mereka bukan hanya penyampai ilmu pengetahuan, tetapi juga pemberi inspirasi yang tanpa henti mencurahkan energi dan dedikasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang memotivasi.

Energi dan dedikasi dalam mengajar ini juga dicurahkan oleh seorang kakek yang sempat viral di TikTok ini. Dia adalah Melan Achmad, kakek berusia 78 tahun yang aktif mengajar lewat live TikTok selama dua kali dalam seminggu. Sosok Mbah Melan menjadi terkenal lantaran di usianya yang sudah senja, dia masih semangat mengerjakan soal matematika ke pengguna TikTok.

Brilio.net melansir dari TikTok @binaprestasiswa, rupanya kakek yang kerap mengajar menggunakan kemeja biru dan hijau ini merupakan pensiunan guru. Diketahui dia udah mengajar sejak tahun 1969 dan pensiun pada tahun 2018 silam.

Baca Juga:   Perbedaan Gejala Flu Biasa vs Flu Singapura

“pengalaman mbah mengajar selama 49 tahun, sejak tahun 1969 sampai berhenti tahun 2018,” ujar Mbah Melan.

Berbekal pengalamannya sebagai guru itulah Mbah Melan kemudian seperti menerima panggilan dari hati untuk berbagi ilmu kembali. Dia mendapat masukan dari anak-anaknya untuk mengajar lewat TikTok. Mengingat di era sekarang platform TikTok banyak digandrungi anak-anak muda yang masih di bangku sekolah.

Tak sedikit pengguna TikTok yang merasa terbantu dengan live belajar oleh kakek satu ini.

Jika kamu ingin melihat Mbah Melan mengajar secara live, dia muncul setiap hari dengan membuka dua kloter. Kloter pertama dimulai dari jam 16.00 sampai 17.30 WIB dan kloter kedua dibuka dari jam 19.30 sampai 21.00 WIB. Diakui oleh Mbah Melan, hal ini dilakukan semata-mata ingin berbagi ilmu.

Baca Juga:   Mulai Hari Ini Polisi Tertibkan Plat RF

“Programnya Mbah ini untuk bagi-bagi ilmu. Bukan pamrih atau apa, tapi bagi-bagi ilmu dan pengalaman untuk anak-anak bangsa, agar siap jadi juara,” ujarnya.

Mbah Melan mengajarkan ilmu matematika untuk pelajar SMP dan SMA/SMK. Bukan cuma itu, pria asal Purworejo, Jawa Tengah ini juga mengajarkan soal matematika untuk persiapan SNBT 2024, tes masuk STAN, dan CPNS.”yaitu untuk siswa-siswa ku, SMP, SMA, SMK.

Untuk menghadapi SNBT 2024, untuk STAN, dan CPNS. Inilah program Mbah, Mbah Guru Matematika. Jadi kami mohon anda bisa mengikuti, karena yang namanya sukses itu bukan tiba-tiba tapi lewat proses,” katanya.

Usaha kakek yang pernah menyusun buku Matematika Praktis pada tahun 2013 ini membuahkan hasil yang bagus. Tidak disangka ternyata dari live TikTok Mbah Melan, banyak warganet yang merasa terbantu dalam mengerjakan tugas atau soal matematika.

Baca Juga:   Viral Ferrari Tabrak 5 Kendaraan di Bundaran Senayan

Nggak sedikit yang mengucapkan terima kasih kepada Mbah Melan karena berkat bantuannya mereka bisa dapat nilai tinggi. Apresiasi itu diberikan warganet lewat kolom komentar postingan Mbah Melan. Bahkan, master matematika alias Jerome Polin juga meninggalkan jejak di kolom komentar.

“makasih ya mbah,karena Mbah aku dapet nilai 98,” kata @xy_caa1234.

“mulia sekali bapak ini, the rill “PAHLAWAN TANPA JASA” @Jerome Polin,” ungkap @meongperjuangan.

“follow bapa ini gais, karena telah memberikan kita ilmu yang berharga,” ujar @its.zidz22.

“makasih ya mbahh, berkat nontonin live mbah terus nilai matematikaku diatas kkm,” timpal @k3p0_y4aa.

“berkat nonton mbah, saya dapat nilai raport 87 matematika. makasih mbah,” kata @natalia11tiktok0.

Loading