Viral! Kisah Lengkap Satpam Wanita di Surabaya yang Parasnya Menarik Perhatian

Sosok satpam yang bernama Rizka Puspita mendadak viral di TikTok karena parasnya yang jadi sorotan. Rizka viral usai kerap mengunggah konten video di TikTok saat sedang bertugas.

Rizka mengunggah foto OOTD saat mengenakan seragam satpam lengkap. Selain itu, dia juga memperlihatkan foto bersama dengan teman-teman seprofesinya.

Rizka juga memperlihatkan kegiatannya itu lewat akun TikTok @im.rzkxxc. Videonya tersebut sudah ditonton lebih dari 16,5 ribu Views. Warganet ada yang menyebutnya satpam cantik, memberikan semangat dan kagum dengannya.

Sosok satpam viral di TikTok. Wanita yang tinggal di Surabaya ini menceritakan kisah di balik video unggahannya.

“Profesi saya sekarang sebagai Secwan atau security wanita. Alasan saya menggeluti profesi sebagai secwan, pertama itu bisa membantu orang merasa aman. Dan itu menurut saya sangat besar kebaikannya. Karena menjadi seorang satpam itu fungsi utamanya adalah sebagai penjaga keamanan. Melindungi dan menjaga keselamatan bagi siapa pun,” ungkap Rizka.

Wanita yang berusia 24 tahun ini mulai aktif bertugas sebagai secwan atau security wanita sejak tahun 2019. Dia juga mengungkapkan alasan memilih menjadi secwan.

Baca Juga:   Bikin Konten Tiktok Singgung Bau Badan Pasien, Dokter Gigi Viral dan Dihujat, Minta Maaf

“(Alasan) yang kedua meningkatkan kemampuan kerja karena petugas keamanan saat ini merupakan sosok yang banyak dicari dan selalu menjadi lowongan yang terbuka untuk dimasuki sebagai pekerjaan,” kata Rizka.

Rizka mengatakan selama menjadi petugas keamanan memiliki tugas yang bervariasi. Dia mematahkan anggapan orang, pekerjaan satpam hanya duduk saja.

“Menjadi satpam bisa mengerjakan pekerjaan secara variatif. Jangan dipikir menjadi satpam tugasnya hanya duduk atau berdiri saja. Ada banyak tugas-tugas yang harus dilakukan oleh satpam, sehingga dengan menggunakan sistem shift atau gantian, satpam akan bisa mengerjakan tugas yang bervariasi. Meningkatkan keterampilan bersosialisasi juga,” lanjutnya.

Rizka mengungkapkan awalnya dia bekerja di sebuah restoran ayam geprek pada tahun 2017-2018. Baru pada awal 2019, dia mencoba melamar menjadi secwan atau satpam wanita.

“Dengan nekat dan modal percaya diri, saya ya coba-coba aja awalnya melamar. Itu kan kalau jadi security wajib pendidikan dulu. Nah, posisi waktu itu saya belum punya sertifikat Gada Pratama itu. Hanya modal percaya diri dan nekat ya ikut tes-tesnya itu,” kenang Rizka.

Baca Juga:   VIRAL Penjual Donat di Bali Dapat Hadiah Rumah dan Uang Rp155 Juta dari Bule Usai Beri Donat Gratis

Ketika sudah mendaftarkan diri dan mengikuti berbagai tes masuk menjadi security wanita, Rizka tak menyangka dirinya dinyatakan lolos seleksi.

“Padahal yang mencalonkan waktu itu ada 40 lebih orang. Dan yang diterima hanya tiga orang. Alhamdulillah saya lolos semua tesnya itu. Mulai tes fisik wawancara dan lain-lain. Awalnya kaget dan tidak menyangka banget bisa lolos. Padahal belum punya pengalaman sebagai security,” ungkapnya haru.

Rizk mengaku pernah bertugas sebagai satpam wanita di Transmart Bg Junction Surabaya, Jawa Timur, sekitar satu tahun. Setelah itu, Rizka bertugas di Transmart Rungkut, Surabaya.

“Tahun 2023 bulan Februari, saya resign karena mungkin saya kecapekan jadinya saya di opname di RS Siti Khodijah Surabaya selama 11 hari. Karena saya juga punya pekerjaan sampingan. Kalau libur, saya ikut WO gitu. Jadi waktu off itu saya pergunakan buat kerja sampingan,” ungkapnya lanjang lebar.

Baca Juga:   Keren Seorang Bocah Usia 11 Tahun Asal Trenggalek Terbitkan 40 Buku Full Bahasa Inggris

Pada Maret 2023, Rizka mencoba melamar di salah satu hotel bintang lima di Surabaya. Dan dia bisa lolos untuk menjadi petugas keamanan di hotel tersebut.

“Nggak nyangka banget bisa kerja di sebuah hotel besar bintang lima sampai sekarang. Pada akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti pelatihan Gada Pratama di Politeknik penerbangan Surabaya,” lanjutnya.

“Pendidikannya kurang lebih 10 hari. Di sana saya benar-benar di latih untuk kuat mental. Dan di sana saya tiba-tiba jadi seleb dadakan karena dibuatin video dan foto saya di pajang di Youtube Viza istal Persada untuk.pelatihan Gada Pratama angkatan ke-52,” lanjutnya lagi.

Sosoknya mendadak viral di TikTok, Rizka langsung memberikan tanggapannya. “Soalnya ya saya sadar diri lah saya itu tidak cantik. Dan rata-rata pada bilang kalau aku itu dari tatapannya tajam terus judes. Itu video pertama aku yang views nya sangat banyak,” pungkasnya.

Loading