VIRAL Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta

Warganet bernama Radhika Althaf mempertanyakan perhitungan pajak lalu lintas barang yang dipungut Bea Cukai atas barang yang ia beli dari luar negeri. Menurutnya, biaya yang diminta terlalu besar.

Melalui akun TikTok pribadinya @radhikaalthaf, dia memperlihatkan sejumlah tangkap layar mulai dari harga barang yang dibeli, biaya pengiriman, hingga tagihan Bea Masuk.

Tampak, barang yang dibeli oleh Radhika merupakan Sepatu sepakbola seharga Rp10,3 juta. Sepatu itu dikirim dari luar negeri dengan ongkos kirim Rp1,2 juta melalui ekspedisi DHL Express.

Baca Juga:   6 Negara Lolos ke Perempatfinal Piala Asia U-23 2024

Dia juga menunjukkan Email yang dikirim oleh pihak ekspedisi terkait tagihan pajak yang dikenakan oleh Bea Cukai atas barang tersebut. Pajak itu sebesar Rp31,8 juta.

“Itu perhitungan dari mana?” tanya Radhika seperti dilihat Senin 22 April 2024.

Radhika juga memperlihatkan hasil perhitungan manual yang ia buat ihwal pajak Bea Masuk untuk barang yang dibelinya.

“Menurut perhitungan gua, harusnya gua bayar cuma Rp5,8 juta,” kata dia.

Dia juga membagikan tangkap layar saat menghitung pajak Bea Masuk melalui aplikasi Mobile Bea Cukai. Dalam aplikasi tersebut tampak Pajak Bea Masuk ditambah PPN dan PPh hanya Rp5,8 juta.

Baca Juga:   VIRAL Netizen Serang Akun Instagram Federasi Sepak Bola Qatar

“Terus kalian netapin biaya masuk atas Sepatu gua itu dari mana perhitungannya? Sepatu gue harganya 10 juta kalian kenain 30 juta, kan makesense banget,” imbuhnya.

Terakhir, Radhika berharap Bea Cukai untuk memberi klarifikasi terkait persoalan yang sedang ia hadapi ini.

“Sekarang mana ada sih Bea yang lebih gede daripada harga barangnya, kalian mikir apa,” pungkasnya.

Sejak artikel ini dibuat, video berdurasi 59 menit itu telah ditonton lebih dari 12 ribu pengguna TikTok, disukai 1500 dan 319 komentar warganet.

Loading