VIDEO VIRAL Warga Lempar Sampah ke Truk, Ini Penjelasan DLHK Kota Yogyakarta

Sebuah video yang menggambarkan suasana di sekitar depo sampah Ngasem, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta , Jumat (24/4/2024) pagi, mendadak viral di media sosial.

Dalam video berdurasi 41 detik yang diunggah lewat X tersebut, tampak warga masyarakat saling berdesakan serta berupaya melemparkan kantong sampah ke bagian bak truk.

Terang saja, kantong sampah dengan beragam ukuran silih berganti melayang dan meluncur ke dalam truk yang didatangkan guna menampung limbah penduduk di sekitar depo.

Terdengar pula sorak-sorai dan percakapan antar penduduk yang tampak antusias menyambut kedatangan truk yang telah dinanti-nanti.

Baca Juga:   SPG Viral yang Tertawakan Ibu-ibu di Bioskop Dipecat

Merespons hal tersebut, Kepala Bidang Pengolahan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta , Ahmad Haryoko, mengatakan, bahwa fenomena semacam itu bukan terjadi kali ini saja.

Pasalnya, sepanjang April 2024, depo sampah buka dengan penjadwalan khusus, yakni pada hari Kamis (18/4/24), Minggu (21/4/24), Rabu (24/4/24), Sabtu (27/4/24) dan Selasa (30/4/24).

“Fenomena itu terjadi setiap kali. Jadi, pelayanan kita, kan, tidak seperti tahun-tahun yang lalu dan ini menjelang tutup total TPA Piyungan kami mencoba untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa sampah harus dikelola dengan baik,” katanya.

Baca Juga:   Penjualan Mobil BYD Salip Tesla, Tembus 3 Juta Unit

Ia menandaskan, fenomena warga melempar sampah ke bak truk disebabkan oleh ketidaksabaran untuk segera membuang limbah yang sudah tertahan selama beberapa hari di kediaman masing-masing.

Sementara, setiap jadwal buka, rata-rata depo di Kota Yogyakarta hanya beroperasi sepanjang pukul 05.00 sampai 09.00 WIB.

“Kadang masyarakat sudah datang setelah subuh. Masyarakat nggak sabar, lalu dilempar ketika truk datang. Lagipula, di sana deponya kecil. Kalau agak penuh, sama petugas ditutup, biar tidak meluber di jalan,” ujar Haryoko.

Loading