Video Viral: Ibu-ibu Mengamuk Ke Polisi karena Anaknya Gagal Ujian SIM C

Seorang ibu terlihat protes ke petugas kepolisian di area ujian praktik pembuatan SIM C dalam video yang viral di media sosial.

Menurut informasi di video ibu itu ngamuk lantaran motor yang dipakai ujian manual, sedangkan anaknya bisa motor matic.

Ibu itu berdiskusi dengan petugas sebelum sang anak memulai ujian angka 8 pakai motor matic, keduanya menggunakan nada tinggi. Setelah keduanya mereda ujian dimulai.

“Nah mengenai tiang, sudah gagal,” kata petugas itu usai sang anak menyenggol tiang pertama.

Baca Juga:   Viral Tukang Parkir di Bogor Membuat Kericuhan Usai Diberikan 400 Perak oleh Seorang Pengunjung

Setelah itu keduanya kembali adu argumen. Sang ibu protes ujian itu sulit dan tak semua bisa melakukannya.

Si petugas mengatakan sudah melakukan tahap prosedur, dia bilang jika peserta ujian belum mampu berarti harus latihan lebih dulu.

Narasi dalam video mengatakan lokasi kejadian ini di Pekanbaru, Riau. Praktik SIM C di sana disebut menggunakan motor manual, sedangkan anak ibu itu hanya bisa memakai matic.

Pada akhirnya petugas mengizinkan anak itu ujian pakai matic.

Boleh pakai motor sendiri

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus pada Januari lalu pernah mengatakan masyarakat yang ujian praktik boleh memakai motor sendiri bila tak mau pakai motor yang disediakan.

“Ada yang mau datang ujian SIM pakai motornya sendiri, boleh. Silakan aja. Kami kan melayani masyarakat nih, kami siapkan. Kalau mau pakai motor ini (motor sendiri), boleh,” kata Yusri saat itu.

Selain itu peserta ujian praktik yang gagal bisa mengulang di hari yang sama meski dalam aturan seharusnya mengulang dua pekan kemudian.

Korlantas juga disebut mengadakan pelatihan ujian SIM gratis setiap Sabtu di semua Satuan Lalu Lintas. Acara ini bisa dimanfaatkan warga menjelang jadwal ujian SIM.

Loading