Video Viral Aksi Maling Bawa Golok Gasak Motor di Banten

Sebuah video yang memperlihatkan pelaku pencurian sepeda motor dengan senjata tajam jenis golok di Lingkungan Cantilan, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, Kota Serang viral di media sosial (medsos).

Video tersebut viral setelah video rekaman CCTV atau kemera pengintai yang memperlihatkan para pelaku diunggah di akun medsos Instagram.

Berdasarkan video yang diunggah akun Instagram Bantenraya, para pelaku pencurian kendaraan bermotor atau curanmor itu tampak masuk ke garasi rumah warga setelah menjebol gembok pintu gerbang.

Salah satu pelaku juga sempat mengunci pintu rumah dari luar menggunakan sapu agar pemilik rumah susah untuk keluar.

Tak hanya di situ, seorang pelaku nampak mengeluarkan golok dan mengacungkannya, bersiap untuk melukai korbannya apabila kepergok. Beruntung pemilik rumah saat itu tidak berada di dalam rumah sehingga tidak terjadi pertumpahan darah.

Baca Juga:   9 Jenis Kartu yang Bisa Dipakai untuk Bayar Tol

Pelaku yang tampak santai, akhirnya berhasil mengambil sepeda motor trail senilai puluhan juta rupiah. Selain itu, pelaku sempat kembali ke lokasi untuk mengambil helm milik warga yang disatroninya tersebut.

Jalal, korban pencurian, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Minggu 17 Desember 2023, sekitar pukul 02.30 WIB. Saat kejadian, kondisi rumahnya dalam keadaan sepi. “Pada saat itu, rumah kosong tapi rumah terkunci,” katanya, Jumat 22 Desember 2023.

Jalal menjelaskan pelaku diduga berjumlah empat orang, dan dua pelaku bawa senjata tajam. Hal itu nampak jelas dari rekaman CCTV rumahnya.

“Pelaku sebanyak empat orang dengan menggunakan dua sepeda motor. Boncengan, mereka merusak gembok, dua bawa senjata, dan yang dua nggak kepantau (CCTV),” jelasnya.

Jalal menambahkan, komplotan pencuri yang masuk ke rumahnya, diduga bukan hanya mengincar sepeda motor. Namun pelaku juga bisa berbuat sadis terhadap dia dan keluarganya.

“Ini udah nekat, bukan cuma mencuri tapi mau merampok. Kalau ada pemilik rumah bisa dibacok,” ungkapnya.

Jalan menerangkan atas peristiwa ini dirinya kehilangan sepeda motor trail, dan satu motor gagal dicuri karena alarm pengamanan kendaraan berbunyi.

“Mencoba mencuri Scoopy merah, kunci stang sempat kena, tapi alarm bunyi, dan kunci T juga tertinggal di motor,” katanya.

Jalal berharap, dengan adanya bukti CCTV itu, kepolisian dapat segera menangkap pelaku. Sebab peristiwa pencurian itu sudah meresahkan warga, khususnya di Kota Serang.

“Harapan saya biar masyarakat aman, nyaman juga tidak resah kepolisian bisa secepatnya mengungkap curanmor ini,” ucapnya.

Baca Juga:   Aksi Heroik Warga Kalideres: 2 Pelaku Curanmor Diamankan dan Jadi Bulan-bulan Warga

Ketua RT Lingkungan Cantilan Jaya Rohmat mengaku jika di lingkungannya rawan pencurian dan telah berulang kali warganya menjadi korban. “Udah ada enam motor yang hilang di Cantilan ini. Warga mulai resah juga,” katanya.

Jaya berharap pihak Polresta Serang Kota secepatnya meringkus kawanan maling bergolok tersebut, untuk mencegah terjadinya korban akibat ulah kawanan pencuri di Kota Serang. “Harapannya supaya cepat ditangkap, agar masyarakat nggak resah,” katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasi Humas Polresta Serang Kota AKP Iwan Sumantri mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan keamanan di lingkungan mereka. Ia juga meminta agar masyarakat berperan aktif dalam membantu kepolisian memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Dan tak kalah penting jadilah polisi untuk diri kita sendiri,” tutur pria asal Ciamis, Jawa Barat ini.

Loading