Toyota Luncurkan Mobil Terbaru Yaris Cross di Indonesia sebagai Debut Global

PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan meluncurkan mobil baru siang ini. Mobil yang bakal diluncurkan diduga adalah Toyota Yaris Cross terbaru.

Peluncuran ini bersifat debut global atau world premiere. Artinya, mobil ini belum pernah diluncurkan di negara mana pun. Indonesia akan menjadi yang pertama meluncurkan mobil baru ini. Hal itu diketahui dari surat undangan Toyota yang dikirimkan ke redaksi detikOto.

“World Premiere kendaraan terbaru Toyota yang merupakan Icon of Urban Cruiser,” tulis surat undangan tersebut.

TAM belum menyebut produk apa yang bakal dijual. Rumornya, mobil baru yang akan diluncurkan adalah Toyota Yaris Cross anyar. Hal itu diperkuat juga oleh pengakuan sejumlah tenaga penjual Toyota.

Baca Juga:   Ingin Punya Toyota Yaris Facelift 2023? Cek Skema Cicilannya

Beberapa tenaga penjual Toyota sudah mulai memasarkan Yaris Cross. Katanya, nantinya bakal ada Toyota Yaris Cross versi internal combustion engine (ICE) hingga hybrid. Konsumen pun sudah bisa memesan mobil ini.

“Sudah bisa ikut antrean pemesanan (Yaris Cross). Uang booking Rp 5 juta,” ujar salah satu tenaga penjual di wilayah Jakarta.

Toyota Yaris Cross yang saat ini diketahui sudah meluncur secara global di pasar Jepang. Yaris Cross hadir sebagai kendaraan compact pertama Toyota yang mengadopsi platform TNGA (GA-B). Namun karena perilisan siang ini bertajuk “World Premiere”, tampaknya akan ada yang baru pada Yaris Cross ini.

Desain Yaris Cross juga sudah didaftarkan di laman Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI. Dokumen itu memiliki nomor permohonan A00202000566 dengan tanggal mulai perlindungan 18 Februari 2020.

Pemegang paten tersebut langsung dari Toyota Jepang. Selain itu disebutkan lima nama perancang desain, yakni Hideaki Iida, Jun Takahashi, Maki Kobayashi, dan Yoshikazu Shoji. Semuanya berkebangsaan Jepang.

Loading