Toyota Akui Uji Jalan Rangga di Indonesia Setelah Terekam Netizen

Toyota Astra Motor (TAM) mengakui telah memulai uji coba calon model baru, pikap Rangga, di jalan-jalan Indonesia. Pernyataan ini menyusul kemunculan foto-foto Rangga berselimut kamuflase yang beredar di media sosial.

Penampakan Rangga mengaspal diabadikan warganet, dari situ tampak garis-garis desain basisnya yang menggunakan bak.

Tampilan polos ini sangat berbeda dari model konsep banyak rupa yang muncul di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus lalu. Saat itu Rangga muncul di pameran dalam bentuk pikap balap, toko berjalan dan ambulans.

Baca Juga:   Tips Mahir Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan: Cara Pindah Gigi dengan Lancar

“Iya [sudah uji jalan]. Ini study kebutuhan dari commercial market, sebagai kelanjutan dari showing di GIIAS,” kata Anton Jimmy, Direktur Pemasaran TAM kepada CNNIndonesia.com, Selasa (19/10).

Tidak diketahui jelas di mana penampakan Toyota Rangga ditangkap kamera, tetapi ini boleh jadi salah satu sinyal Rangga akan hadir dalam waktu dekat.

Pengujian di jalan umum mengindikasikan model ini maju selangkah demi selangkah dari mobil konsep ke produksi massal.

Anton enggan mengomentari lebih detail tentang program uji jalan Rangga berikut juga dia tak mau jawab saat ditanya jadwal peluncurannya di Indonesia. Walau begitu berdasarkan informasi yang beredar di GIIAS 2023 peluncuran bakal dilakukan pada awal 2024.

Baca Juga:   Mitsubishi XForce Resmi Meluncur Harga Mulai Rp 379,9 Juta

Rangga dirancang memakai platform Innovative International Multi-Purpose Vehicle (IMV). Platform ini sudah disematkan pada Hilux, Fortuner dan Innova lawas.

Rangga bakal bersaing dengan pikap medium yang sudah ada di Indonesia, seperti Mitsubishi L300 dan Isuzu Traga.

Pikap ini terinspirasi generasi pertama Kijang Buaya dan diputuskan mengenakan nama ciri khas Indonesia. Rangga pernah dipakai sebagai nama salah satu tipe Kijang Kapsul atau generasi ke-4 Toyota Kijang pada 1997.

Silsilah kedua nama Rangga diambil dari warisan budaya Indonesia, terinspirasi bahasa Jawa “Ronggo” yang melambangkan Ksatria atau Hero (Pahlawan). Dalam sejarahnya, nama Rangga juga dipercaya kuat dan tangguh.

Loading