Tips: Cara Mencuci dan Membersihkan Ruang Mesin Mobil Anda

Cara mencuci ruang mesin mobil tidak bisa sembarangan. Pasalnya, beberapa pemilik mobil mencuci ruang mesin dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi, padahal cara ini tidak benar dan sangat tidak disarankan untuk dilakukan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui prosedur mencuci ruang mesin mobil. Pasalnya, jika sembarangan hal ini justru akan membuat mobil Anda rusak.

Hal pertama yang harus diingat adalah tidak boleh mencuci ruang mesin dengan menyemprot air, terlebih dengan tekanan tinggi bisa berisiko merusak mobil, termasuk menyebabkan masalah pada sistem kelistrikan.

Anda cukup menyikat atau mengelap menggunakan kain lap microfiber. Diperbolehkan membasuh menggunakan air, tapi cukup tipis-tipis dengan memakai kuas atau lap microfiber.

Selain itu, air yang dipakai untuk proses pencucian ruang mesin sebaiknya dicampur terlebih dulu dengan cairan khusus penghilang noda oli, grease, dan debu. Karena cara penggosokannya tipis-tipis, maka dicampur dulu dengan cairan khusus.

Anda juga tidak perlu menggosok dengan tekanan tinggi, karena dengan cara tersebut kotoran sudah bisa disingkirkan dari ruang mesin mobil.

Anda perlu mengingat bahwa mesin mobil sangat dekat dengan ECU. Komponen ini jangan sampai terkena air karena bisa rusak atau error, mengutip Suzuki.

Baca Juga:   Panduan Praktis: Cara Membaca Kode Oli Kendaraan agar Tidak Salah Beli

Oleh karena itu, saat mencuci ruang mesin mobil cukup gunakan kain lap dan dibasuh saja, karena mobil keluaran terbaru dilengkapi banyak sensor, jadi untuk menghindari malafungsi kelistrikan.

Membersihkan ruang mesin

Selain mencuci, membersihkan ruang mesin juga perlu dilakukan. Pasalnya, kondisi yang kotor bisa menyebabkan gangguan pada mesin.

Mesin mobil sangat sering terkena debu, oli, dan beberapa objek lainnya. Kemudian, objek tersebut akan menempel dan menumpuk pada ruang mesin mobil dan menyebabkan terganggunya mesin mobil.

Oleh sebab itu, ruang mesin mobil harus dibersihkan secara berkala dan hati-hati. Berikut langkah-langkah membersihkan ruang mesin mobil.

Mempersiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan. Paling standar siapkan cairan pembersih ruang mesin mobil atau bisa juga air sabun.

Kemudian, siapkan degreaser, sikat, kuas, dan kain lap. Jika Anda memiliki alat steam uap dan blower, lebih baik dipakai untuk membantu agar proses pembersihan cepat selesai.

Tidak masalah jika Anda tidak memiliki steam dan blower. Anda tetap bisa membersihkan tapi dengan waktu yang agak lebih lama.

Memastikan mesin dalam kondisi dingin

Pastikan tidak membersihkan mesin mobil saat kondisi masih hangat. Jadi, apabila kondisi mesin masih panas, Anda bisa menunggunya dingin terlebih dulu.

Baca Juga:   Biaya Service Mobil Listrik Berkala di Indonesia

Disarankan membersihkan pada pagi hari, ketika mesin sama sekali belum digunakan. Jika terlanjur sudah dipakai, tunggu sekitar 30-45 menit agar mesin benar-benar dingin.

Bersihkan debu atau kotoran ringan

Setelah mesin dingin, Anda bisa mulai membersihkan ruang mesin. Pada tahap ini, bersihkan debu-debu dan kotoran ringan yang menempel pada permukaan mesin.

Anda dapat menggunakan blower pada langkah ini. Kemudian lanjutkan dengan membersihkan bagian tersebut menggunakan kuas.

Lepas aki mobil

Ini merupakan langkah paling penting dalam membersihkan ruang mesin mobil. Dengan melepas aki, Anda juga bisa mengakses bagian bawah tempat aki berada dengan aman.

Setelah aki dilepas, simpan pada tempat yang kering. Amankan juga baut-baut dan komponen lain yang sekiranya penting untuk pemasangan kembali aki dan kabel-kabelnya.

Bersihkan bagian bawah kap mesin

Sebelum membersihkan komponen mesin, jangan lupa bersihkan bagian bawah kap mesin terlebih dulu. Untuk membersihkannya cukup manfaatkan cairan pembersih yang sudah disiapkan, lalu bersihkan kotoran yang menempel menggunakan sikat dan kuas.

Setelah dirasa cukup, bilas dengan air secara perlahan agar cipratan air tidak mengenai bagian penting. Kemudian, keringkan menggunakan lap microfiber atau menggunakan plas chamois.

Baca Juga:   Tips Mahir Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan: Cara Pindah Gigi dengan Lancar

Bersihkan mesin gunakan steamer

Jika memilih membersihkan menggunakan steamer, fokuskan pada bagian dengan permukaan yang lebar terlebih dulu. Untuk melakukannya tinggal semprotkan steamer pada bagian yang akan dibersihkan.

Saat membersihkan kotoran yang membandel, Anda dapat menggunakan degreaser untuk melunturkan. Anda bisa membersihkan permukaan yang besar dulu, baru bagian sempit sampai sela-sela mesin. Jangan lupa bersihkan rangka mobil bagian dalam.

Bersihkan bagian depan mesin mobil

Jika ruang mesin mobil keseluruhan sudah bersih, jangan lupa bersihkan bagian depannya. Pertama, lepaskan grill depan dahulu, kemudian bersihkan seperti cara membersihkan ruang mesin mobil tadi.

Keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Jangan lupa untuk mengeringkan bagian yang sudah dibersihkan. Hal ini penting agar air yang tersisa tidak menimbulkan pada komponen mesin. Lakukan dengan mengelap menggunakan lap microfiber.

Pasang kembali aki

Setelah dirasa cukup kering, Anda bisa memasang kembali aki yang sebelumnya dilepas. Jangan lupa untuk mencoba menyalakan mesin dan dengarkan apakah ada masalah yang muncul atau tidak. Jika bunyi mesin sudah normal bisa dimatikan kembali.

Loading