Tips Mahir Mengemudi Mobil Matic di Tanjakan: Cara Pindah Gigi dengan Lancar

Tak hanya pada kendaraan roda dua saja, namun kini mobil dengan transmisi matic menjadi primadona bagi para pemilik kendaraan daripada mobil manual. Meskipun sedikit lebih boros, namun kepraktisan dan juga kemudahan dalam berkendara yang diberikan oleh mobil matic menjadi alasan kuat mengapa mobil matic begitu digandrungi.

Terlebih lagi bagi masyarakat perkotaan, dimana lalu lintasnya cenderung stop and go.

Namun ada satu hal yang bisa dibilang menjadi momok menakutkan bagi pengemudi pemula mobil matic, yakni pada saat menghadapi jalan yang menanjak. Cara pindah gigi mobil matic di tanjakan tentu saja tak bisa sembarangan. Pasalnya, jika salah dalam memposisikan tuas persneling bukan tidak mungkin mobil matic Anda akan gagal menanjak. Belum lagi risiko merosot ke bawah atau bahkan mati mesin yang bisa menyebabkan kecelakaan.

Dirangkum dari laman Drive Govt, berikut ini cara pindah gigi mobil matic di tanjakan yang bisa Anda jadikan referensi.

Namun, sebelum mengetahui cara pindah gigi mobil matic saat di tanjakan, terlebih dahulu Anda harus mengetahui arti dan fungsi dari tuas persneling pada mobil matic. Pasalnya, pada mobil matic terdapat beberapa kode yang harus Anda pahami maksud dan fungsinya untuk apa saja.

Baca Juga:   Cara Bongkar Pasang Ban Mobil dengan Benar dan Aman

Kode dan fungsi tuas persneling mobil matic

Pada umumnya, kode tuas persneling pada mobil matic adalah P – R – N – D – 3 – 2 dan L. Semua persneling tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Dengan mengetahui kode dan fungsinya, diharapkan Anda bisa meminimalisir resiko kecelakaan karena salah memasukkan tuas persneling.

1. P

Arti P adalah singkatan dari parking. Tuas P ini memiliki fungsi untuk mengunci roda mobil matic agar tetap diam. Tuas ini bisa Ada pilih pada saat ingin memarkirkan kendaraan.

2. R

Arti R atau reverse. Seperti pada mobil manual, fungsi dari tuas R ini adalah agar mobil berjalan mundur.

3. N

Arti N atau neutral. Fungsi tuas N mirip dengan P, dimana roda mobil tidak berhubungan dengan mesin mobil. Bedanya, roda pada posisi N masih bisa bergerak jadi sangat memungkinkan untuk berjalan sendiri jika mobil berada di posisi yang miring.

4. D

Arti D atau drive. Fungsi tuas D adalah untuk menjalankan mobil matic. Tuas D ini cocok untuk medan yang cenderung datar dan landai. Jika menemukan tanjakan yang cukup curam, maka sebaiknya jangan menggunakan tuas pada posisi D. Hal ini untuk meminimalisir mobil matic gagal nanjak.

5. Angka 2 Dan 3

Angka 2 dan 3 ini berfungsi untuk mengontrol kecepatan mobil pada saat berjalan dengan konstan. Angka 3 atau pada beberapa pabrikan menggunakan kode D3 ini akan membuat mesin berputar maksimal pada gigi 3 saja. Sedangkan pada angka 2 berfungsi untuk membuat mesin tertahan di kecepatan maksimal gigi 2 saja.

6. L

L atau low. Posisi tuas persneling ini berfungsi untuk menapaki medan yang terjal atau menanjak. Jika Anda sudah melihat jika di depan Anda jalanan menanjak dengan curam, maka secepatnya pindah tuas ke posisi L untuk meminimalisir mobil matic gagal menanjak.

Cara pindah gigi mobil matic di tanjakan

Berikut ini cara untuk memindahkan gigi pada mobil matic pada saat berada di tanjakan.

Baca Juga:   Estimasi Biaya Perbaikan Mobil dengan Penyok Satu hingga Tiga Panel

1. Jangan injak rem

Jika Anda melihat medan di depan adalah tanjakan dan posisi persneling ada di D3, maka segera pindahkan ke posisi D2 dengan tanpa menginjak pedal rem. Kecuali jika mobil terpaksa berhenti, baru Anda boleh menginjak pedal rem.

2. Tarik rem tangan

Untuk berjaga-jaga agar mobil tidak merosot ke bawah pada saat berhenti di tanjakan, Anda bisa menggunakan bantuan rem tangan. Kemudian posisikan tuas persneling pada posisi D2 atau L jika tanjakan curam, tekan pedal gas secara perlahan hingga mobil bergerak dan lepaskan rem tangan. Jangan injak pedal gas dalam-dalam, karena justru membuat mobil matic kehilangan tenaga.

Jika mobil tidak mau berjalan, maka kemungkinan posisi persneling masih terlalu tinggi, jadi tenaga yang dihasilkan belum mampu membuat mobil melahap tanjakan.

Itulah cara pindah gigi mobil matic di tanjakan yang bisa Anda jadikan referensi. Untuk meminimalisir kemungkinan gagal nanjak, maka sebaiknya Anda pelajari terlebih dahulu medan yang ingin Anda lalui.

Loading