Timnas Argentina Sudah Tiba di Indonesia

Skuad binaan Lionel Scolani, Argentina telah tiba di Indonesia pada Jum’at malam lalu. Tim berjuluk De Albiceleste ini, bakal duel melawan Timnas Indonesia dalam gelaran FIFA Matchday yang diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin 19 Juni 2023 mendatang.

Kedatangan tim Juara Piala Dunia 2022 dan Peringkat 1 FIFA ini, terkonfirmasi dari unggahan akun Instagram resmi Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA). Akun tersebut mengunggah kedatangan para pemainnya di hotel sambil disambut oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dalam unggahannya, terlihat Ketum PSSI Erick Thohir menyambut Ketua Umum AFA, Claudio Tapia beserta segenap skuad Argentina, sambil mengalungkan sehelai selendang batik tradisional.

Terlihat sejumlah pemain Argentina seperti Alexis Mac Allister, Leandro Paredes, Alejandro Garnacho, Rodrigo de Paul, Giovani Lo Celso, Emiliano Martinez, Nicolas Tagliafico, dan Lucas Ocampos bergantian menerima jabat tangan dari Erick serta kalungan selendang.

Baca Juga:   Martunis, Anak Angkat Ronaldo Asal Aceh Mendaftar Jadi Bintara Polisi

Sejumlah pengurus PSSI juga tampak mendampingi Erick menyambut para pemain Argentina, yakni Wakil Ketua Umum Zainudin Amali, serta sejumlah anggota Komite Eksekutif seperti Endri Erawan, Arya Sinulingga, Eko Setyawan, dan Sumardji.

Lionel Messi

Namun, dari sejumlah pemain yang terlihat disambut oleh Erick dan jajaran PSSI, tidak terlihat sosok megabintang Argentina Lionel Messi.

Sejak beberapa hari lalu, mantan pemain Barcelona dan PSG itu memang disebut-sebut tidak datang ke Jakarta untuk bermain melawan Indonesia.

Argentina

Tim Argentina dijadwalkan melakukan latihan tertutup di Stadion Gelora Utama Bung Karno pada 2 hari sebelum laga berlangsung, tepatnya hari Sabtu 17 Juni 2023.

Baca Juga:   Paris Saint-Germain Dapatkan Manuel Ugarte dari Sporting CP

Pada pertandingan FIFA Matchday sebelumnya yang berlangsung Kamis kemarin, Argentina berhasil menang 2-0 atas Australia berkat gol sumbangan Messi dan German Pezzella.

Sedangkan Indonesia ditahan imbang tanpa gol oleh Palestina pada pertandingan FIFA Matchday terkini, yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu lalu.

Riwayat

Duel Ini merupakan pertemuan pertama Indonesia vs Argentina di level senior. Namun di level kelompok umur atau junior, ini bukan pertama kalinya.

Dulu, Indonesia pernah menampilkan laga permainan yang hebat. Timnas U-23 yang diproyeksikan untuk SEA Games 2007 tersebut mampu menahan imbang Argentina U-20. Skor sama kuat 1-1.

Baca Juga:   Indonesia vs Argentina Main Tanggal Berapa?

Tim asuhan pelatih Ivan Kolev tertinggal lebih dulu. Sebuah tendangan sudut sukses dimanfaatkan striker Gabriel Rodriguez. Timnas U-23 akhirnya mampu menyamakan kedudukan di babak kedua. Gol dilesakkan oleh Ian Louis Kabes.

Jauh sebelumnya, Indonesia dan Argentina pernah bertemu di Piala Dunia U-20 1979 yang digelar di Jepang. Argentina U-20 yang diperkuat Diego Maradona berhasil menekuk Garuda Muda 5-0.

Bagaimana di FIFA Matchday 2023 Ini?

Diprediksi Indonesia bakal kesulitan karena Argentina berstatus sebagai juara Piala Dunia 2022 dan peringkat 1 dunia FIFA.

Namun, hasil akhir tak terlalu penting. Pengalaman dan mental bermain saat bertemu tim top global tentunya tak akan pernah terlupakan.

Loading