Ternyata Minuman Ini Bisa Turunkan Daya Tahan Tubuh, Masih Sering Minum?

Daya tahan tubuh merupakan hal penting yang harus kita jaga. Hal ini karena ia membantu kita untuk terhindar dari berbagai penyakit. Saat ada zat asing seperti bakteri atau virus, daya tahan tubuh akan bekerja dan melawan sehingga tidak sampai muncul penyakit.

Tentunya hal itu bisa terjadi jika kita memiliki daya tahan tubuh yang baik. Daya tahan tubuh yang rendah membuat kita rentan terhadap penyakit. Untuk menjaga daya tahan tubuh kita harus menerapkan pola hidup yang sehat. Mulai dari olahraga hingga menjaga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga:   Banyak Yang Mengatakan Jam 10 Disebut Waktu Terbaik untuk Berjemur, Ini Faktanya

Tak hanya makanan, ternyata minuman juga bisa membawa pengaruh pada daya tahan tubuh kita, lo.

Berikut ini adalah dua jenis minuman yang sebaiknya kita hindari jika tidak ingin daya tahan tubuh kita menurun.

1.Minuman Bersoda

Minuman bersoda jenis apapun sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Mengutip Hyperbiotics, minuman bersoda kaya akan bahan-bahan buatan, termasuk pemanis seperti aspartam. Masalahnya, tidak ada satu pun di antara bahan-bahan buatan ini yang bisa membantu menjaga fungsi daya tahan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan-bahan itu justru bisa mengurangi kemampuan bakteri baik pada usus dan memberikan efek buruk terhadap metabolisme glukosa. Keduanya bisa menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh untuk merespons potensi ancaman penyakit dari luar.

Baca Juga:   Ini Efek Samping dan Fakta Seputar Vaksin Corona Sinovac

2. Minuman Tinggi Gula

Konsumsi gula disebut-sebut bisa menekan sel kekebalan tubuh. Sayangnya, banyak dari minuman kemasan yang dijual di pasaran justru tinggi akan kandungan gula dan berbahaya untuk imunitas.

Mengutip Web MD, sebuah penelitian menunjukkan, makan atau minum 8 sendok makan gula atau setara dengan satu minuman bersoda bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman.

Wah, kalau begitu sebaiknya kita menghindari 2 jenis minuman ini. Lebih baik menghidrasi tubuh dengan air putis saja, ya!