Taklukan Uruguay 0-1, Kolombia Bertemu Argentina di Final Copa America 2024

Kolombia menang atas Uruguay dengan skor 1-0 di semifinal Copa America 2024 di Stadion Bank of America, Kamis (11/7/2024). Kolombia akan bertemu dengan Argentina di babak final.

Gol kemenangan Kolombia tercipta pada menit ke 39 lewat tandukan Jefferson Lerma memanfaatkan sepak pojok. Pada injury time babak pertama, Kolombia harus bermain dengan 10 orang akibat Daniel Munoz mendapat kartu merah (45+1).

Munoz dalam insiden tersebut terlihat menyikut dada pemain Uruguay. Meski Munoz memperlihatkan bagian rusuknya yang sakit namun Wasit tetap memberikan kartu kuning kedua atau kartu merah kepadanya.

Jalannya Pertandingan

Sejak pertandingan babak pertama dimulai, Uruguay mencoba merangsek pertahanan Kolombia. Luis Diaz mencoba peruntungan dengan melesakkan bola ke gawang lawan, namun tembakannya masih melenceng.

Baca Juga:   Heboh Hiu Tutul Terdampar di Pantai Selatan Kulon Progo

Bomber Uruguay Darwin Nunez mendapat dua kali peluang pada menit ke-23 dan 28. Meski lolos dari jeratan pemain belakang Kolombia, namun tendangannya masih tidak membuahkan hasil.

Laga berjalan lebih dari 30 menit, belum ada satu gol pun yang tercipta. Pertahanan Kolombia yang ketat membuat Uruguay hanya mampu menciptakan satu kali peluang.

Kondisi berbeda dengan Kolombia yang mampu memberikan perlawanan sengit. La Tricolor 3 kali melepas tembakan ke gawang Uruguay.

Kolombia mengancam pertahanan Uruguay lewat sundulan Jhon Cordoba pada menit ke-34. Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-39 dan berbuah gol untuk Kolombia lewat tandukan Jefferson Lerma memanfaatkan sepak pojok.

Baca Juga:   Banyak Pilihan Warna Motor Matic Baru Honda Anti Rangka eSAF, Dibandrol Harga Rp 29 Jutaan

Tertinggal 1 gol Uruguay mencoba bangkit. Tepat pada injury time, Kolombia harus bermain dengan 10 pemain setelah bek Daniel Munoz mendapat kartu kuning kedua. Hingga babak pertama usai Kolombia unggul 1-0 atas Uruguay.

Di babak kedua, unggul jumlah pemain membuat Uruguay terus mendominasi penguasaan bola. Berdasarkan statistik, La Celeste menguasai 62% pertandingan berbanding 38% untuk Colombia.

Gempuran pasukan Langit Biru ke aera pertahanan Kolombia terus dilakukan. Kolombia lebih memilih bertahan dan sesekali melancarkan serangan balik.

Luis Suarez yang masuk dibabak kedua nyaris menyamakan kedudukan. Sepakan bolanya di depan gawang masih membentur tiang gawang.

Baca Juga:   Kronologi Siswa SMK Tewas Tertimpa Baliho Caleg di Kebumen

Uruguay terus mengepung area kotak penalti Kolombia yang dijaga ketat. Baik Suarez maupun Nunez kesulitan membuat peluang.

Wasit memberikan waktu tujuh menit injury time. Namun sayang hingga babak kedua berakhir kedudukan masih sama dengan sebelumnya, skor 0-1 untuk kemenangan Kolombia.

Colombia akan bertemu Argentina yang sudah lebih dahulu lolos ke final Copa America 2024.

Susunan pemain Uruguay vs Kolombia:

Uruguay possible starting lineup: Rochet; Varela, Gimenez, Olivera, Vina; Valverde, Ugarte; Pellistri, De la Cruz, Araujo; Nunez

Colombia possible starting lineup: Vargas; Munoz, Sanchez, Cuesta, Mojica; Rios, Lerma; J. Arias, Rodriguez, Diaz; Cordoba

Loading