Tak Ada Satupun Alfamart dan Indomaret Di Kota Ini

Tak ada satu pun Alfamart dan Indomaret di kota ini. Padahal minimarket tersebut menjamur di kota-kota besar lainnya seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Wisatawan yang menjejakkan kaki di ranah Minang, Sumatera Barat mungkin akan heran mengapa di wilayah tersebut tak ada satu pun minimarket waralaba seperti Alfamart, Indomaret, Lawson maupun 7Eleven.

Ya, tak ada satu pun minimarket waralaba di kota-kota seperti Bukittinggi, Padang dan sekitarnya. Padahal di kota besar lain, minimarket tumbuh menjamur di mana-mana.

Dan ternyata, sebabnya adalah pemerintah daerah setempat memang melarang minimarket waralaba beroperasi di wilayah tersebut. Pasalnya, ada kekhawatiran keberadaannya akan ” mematikan” pedagang tradisional.

Hal tersebut sudah pernah dikemukakan oleh Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah. Ia menegaskan, tidak akan memberikan izin kepada jaringan waralaba Alfamart dan Indomaret untuk membuka gerainya di Kota Padang.

Menurut Mahyeldi, kehadiran kedua waralaba tersebut dapat merusak ekonomi daerah nantinya. ” Indomaret dan Alfamart tidak dikeluarkan izinnya karena akan merusak ekonomi daerah,” ujar Walikota Padang.

Baca Juga:   Suami Istri Suku Sasak Tak Boleh Tidur Campur, Bagaimana Siasatnya?

Dengan suasana toko yang modern, terang ber-AC, barang yang tertata apik, aneka barang yang cukup lengkap, dan harga jual yang pasti, tentunya membuat orang lebih suka berbelanja di minimarket waralaba. Sehingga berpotensi menyebabkan warung-warung atau toko kelontong menjadi sepi pembeli.

Di samping itu, sejak dulu orang Minang dikenal dengan tradisi dagangnya. Nah, dengan adanya larangan bagi minimarket waralaba, secara otomatis penduduk asli yang kebanyakan adalah pedagang dapat terlindung dari gerusan persaingan.

Meski begitu, bukan berarti tak ada minimarket sama sekali di Sumatera Barat. Terdapat juga minimarket namun sifatnya milik perorangan bukan waralaba. Minimarket tersebut biasa disebut toserba (toko serba ada).

(Sumber: www.money.id)

Loading