Tahanan Kabur Usai Dijatuhkan Vonis 5 Tahun di PN Sarolangun

Satu orang tahanan dikabarkan kabur usai menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri Sarolangun, Rabu (10/07/2024) sore sekitar pukul 17.00 Wib.

Informasi yang didapatkan dilapangan tahanan yang kabur tersebut berjenis kelamin laki-laki bernama Sadit (37) alamat Desa Sungai Gedang, Kecamatan Singkut.

Sadit menjalani sidang di Pengadilan Negeri Sarolangun dalam kasus pencurian yang baru sudah divonis 5 tahun oleh Hakim Pengadilan Negeri Sarolangun.

Pantauan dilapangan, petugas kepolisian, kejaksaan turun langsung melakukan pengejaran dan pencarian terhadap tahanan kabur masuk ke semak belukar di belakang kantor Pengadilan Negeri Sarolangun.

Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.Ik, M.Si beserta sejumlah jajaran PJU Polres Sarolangun, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, SH, Kasi Intel Kejari Sarolangun Rikson, SH tampak datang ke lokasi titik awal kaburnya tahanan tersebut yang berada di kawasan Kantor Pengadilan Negeri Sarolangun.

Baca Juga:   Viral Praktek Pernikahan SMA di Bulukumba Telan Biaya Sampai Rp13 Jutaan, Bak Resepsi Pernikahan

Hingga berita ini diturunkan, tahanan kabur tersebut masih dilakukan pengejaran, dan petugas kepolisian, petugas Pengadilan Negeri Sarolangun dan petugas kejaksaan Sarolangun masih berada dilokasi.

Diketahui Sadit dinyatakan melakukan tindak pidana Pasal 365 Ayat (1) dan (2) KUHP. Pasal 365 Ayat 1 KUHP mengatur tentang pencurian dengan kekerasan atau ancaman kekerasan. Ancaman pidananya adalah penjara paling lama sembilan. Pasal 365 Ayat 2 ke 1 KUHP mengatur tentang pemberatan pencurian dengan kekerasan atau ancaman kekerasan.

Hasil sidang di Pengadilan Negeri Sarolangun menyatakan Sadit divonis 5 tahun penjara, dan hal tersebut menjadikan Sadit tidak menerima dan kemudian memutuskan untuk kabur setelah ada kesempatan.

Baca Juga:   Bara Dendam Menyebabkan Kebiadaban, Suprapto Perkosa dan Habisi Putri Semata Wayang

Sadit Kabur Terekam CCTV

Berdasarkan video rekaman CCTV yang didapatkan media ini, seorang tahanan bernama sadit berhasil kabur melarikan diri ke arah semak di kawasan hutan belakang kantor Pengadilan Negeri Sarolangun.

Awalnya, Sadit beserta tahanan lainnya hendak dibawa petugas menuju mobil tahanan untuk dibawa ke Lapas Sarolangun, namun baru saja keluar dari pintu ruangan sel tahanan Pengadilan Negeri Sarolangun, sadit yang berpakaian kemeja putih lengan panjang dan celana hitam dengan cepat melarikan diri setelah berhasil melepas ikatan borgol yang ada ditangannya.

Baca Juga:   Viral Pria Mengambil Sisa Bahan Bakar dari Truk Pertamina di Plumpang, Polisi Mulai Menyelidiki Kejadian Ini

Terlihat petugas yang mengawal tahanan sempat berupaya mengejar tahanan kabur tersebut, hingga pada Rabu (10/07/2024) sekitar pukul 22.00 Wib, petugas masih berupaya melakukan pengejaran dan penangkapan terhadap tahanan tersebut.

Atas kejadian tersebut hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak yang berwenang.

Loading