Suzuki Jimny Versi Lite Dijual dengan Harga Terjangkau Rp 160 Jutaan, Konsumsi BBM Irit 17 Km/Liter

Suzuki Jimny bisa dibilang salah satu mobil jip mungil legendaris yang cukup banyak peminatnya di Indonesia.

Padahal harga unitnya sendiri tidak murah, berdasarkan pantauan di halaman resmi Suzuki Indonesia, mobil baru Jimny dibanderol mulai Rp 443,9 juta OTR Jakarta per Juni 2023.

Namun Sobat GridOto.com sudah tahu belum? Ternyata di negara asal pabrikan berlogo S ini, dijual Suzuki Jimny yang harganya mulai Rp 160 jutaan.

Suzuki Jimny versi murah yang dijual di Jepang tersebut tergolong dalam kategori mobil mungi alias Kei Car (Jimny JB64), beda dengan yang versi Indonesia (JB74).

Baca Juga:   Harga Suzuki Jimny 5 Pintu, kini Bisa di Pesan

Sebelumnya perlu diketahui, Kei Car dirancang pemerintah Jepang supaya para warganya bisa memiliki kendaraan murah, pajak rendah, praktis, dan mudah digunakan.

Karena hal itulah, sepertinya enggak salah nih kalau menyebut Suzuki Jimny versi kei car merupakan ‘versi lite’ jip mungil tersebut.

Bicara soal tampilannya, sebenarnya tidak terlalu ada perbedaan berarti antara Jimny JB74 dengan Jimny JB64.

Hanya saja pada versi kei car ini, bagian sampingya tidak dipasangkan overfender plastik bewarna hitam.

Dicopotnya overfender tersebut sedikit mengurangi kesan gagah pada Suzuki Jimny JB64, tapi secara keseluruhan masih terlihat keren.

Baca Juga:   Honda Genio Edisi Spesial Meluncur, Dibandrol Mulai Rp19 jutaan di Bagikan Gratis

Perbedaan berikutnya ada di sektor jantung pacu, Suzuki Jimny versi kei car dibekali mesin berkode R061 3-silinder turbo berkapasitas 660 cc.

Diklaim memilki tenaga 63 dk pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 96 Nm pada 3.500 rpm.

Jantung pacunya diklaim memiliki efisiensi BBM 17,1 km per liter dengan metode pengujian JC08 di Jepang.

Sebagai penyalur tenaga ada dua pilihan, yaitu transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan, dengan penggerak part-time 4WD yang cocok buat off-road.

Baca Juga:   Daftar Harga Motor Honda Matic Terbaru 2023

Fitur-fitur yang tersedia pada Suzuki Jimny versi kei car juga mirip-mirip dengan Jimny JB74.

Misalnya seperti kontrol traksi, LSD, Hill Hold Control (HDC), Hill Descent Control, sampai cruiser control untuk tipe tertinggi.

Mengutip dari halaman suzuki.co.jp, Suzuki Jimny kei car ini dijual dengan harga mulai 1.555.400 Yen sampai 1.903.000 Yen

Kalau dikonversi ke Rupiah, harganya setara Rp 165,5 jutaan sampai Rp 202,5 jutaan (kurs 1 Yen = Rp 106.46 per 8 Juni 2023).

Loading