Sudah Masuk Hari Kelima Gunung Bromo Belum Padam

Sudah masuk hari kelima kebakaran di Bukit Teletubbies Gunung Bromo gegara flare pengunjung prewedding belum padam. Petugas gabungan terus berupaya memadamkan api, salah satunya dengan melakukan waterbombing dari atas helikopter.

Dilansir detikJatim, Senin (11/9/2023), kebakaran itu terus merembet bahkan mencapai ke kawasan Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Malang. Catatan BPBD Jatim, kebakaran hutan di Gunung Bromo setelah terjadinya peristiwa prewedding pemicu prahara di Bukit Teletubbies pada Rabu (6/9) hingga Minggu (10/9) kemarin telah mencapai lebih dari 200 hektare lahan.

Sebuah video viral di media sosial X menunjukkan bahwa kebakaran di Gunung Bromo masih membentuk semacam garis api yang memunculkan asap yang masih cukup tebal. Selain itu, sebuah foto juga menunjukkan asap hitam di balik bangunan Bromo Hillside atau Cafè 360° di Desa Ngadas, Poncokusumo.

Baca Juga:   Gunung Marapi Sumbar Meletus Dibarengi Dentum Besar Ketinggian Abu Vulkanik 1500 Meter

Kabag Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Gunung Semeru (BB TNBTS) Septi Eka Wardhani membenarkan bahwa kebakaran hutan telah meluas hingga ke kawasan Bromo Hillside.

“Benar,” ujar Septi ketika dikonfirmasi detikJatim, Minggu (10/9/2023).

Dia mengatakan sejak kebakaran terjadi pada Rabu, upaya pengendalian api terus dilakukan dengan berbagai cara oleh Tim Gabungan TNBTS dibantu TNI, Polri, juga relawan dan warga setempat.

Kepala Balai Besar TNBTS selaku pengelola wisata Bromo Tengger Semeru, Hendro Wijanarko memastikan bahwa saat ini 6 titik api dipastikan sudah padam. Tersisa hanya 1 titik api saja.

Baca Juga:   Tampang Driver Grab yang Ancam Penumpang Wanita di Jakbar

“Kalau satu titik api yang terlihat ini berada di Gunung Watangan. Jadi kami benar-benar pastikan dulu kalau api atau asap di sekitar area Gunung Watangan ini tidak ada lagi,” ungkap Hendro.

Berkaitan dengan upaya pemadaman itu, Hendro menyebutkan bahwa TNBTS telah mengirimkan tim tambahan untuk membantu tim yang sudah ada di lokasi. Untuk proses pemadaman itu, para petugas TNBTS bahkan melakukannya hingga malam hari.

Tidak hanya jalur darat, upaya pemadaman dari udara melalui helikopter waterbombing juga sudah dilakukan. Seperti kabar yang disampaikan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dalam unggahan di akun Instagramnya @khofifah.ip.

Baca Juga:   2 Wanita India Diarak Telanjang, Satunya Diperkosa Ramai-ramai

“Hari ini telah dilakukan pemadaman dengan water bombing heli super puma di area Gunung Bromo. Hanya bisa lima rit untuk 20 ribu liter karena kendala cuaca,” ujar Khofifah dalam akun instagramnya, Minggu (10/9/2023).

Loading