Subsidi Motor Listrik yang Sepi Peminat Mendapat Perhatian Khusus

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan langsung turun tangan menanggapi subsidi sepeda motor listrik sepi peminat.

Moeldoko mengatakan pekan lalu Luhut langsung memimpin rapat antarpemangku kepentingan di saat subsidi motor listrik sepi peminat.

“Persoalannya pertumbuhan pembelian sepeda motor ini sampai di tahap ini masih lambat. Pada rapat terakhir Jumat (19/5) pertumbuhan itu baru 108 sepeda motor yang terbeli. Kemarin sudah kita rapatkan semuanya, dipimpin Pak Luhut,” kata Moeldoko dalam Green Economic Forum CNBC di Hotel Kempinski, Jakarta Pusat, Senin (22/5).

Moeldoko menegaskan subsidi diberikan untuk masyarakat yang membutuhkan. Ia lantas menyebutkan beberapa syarat penerima subsidi Rp7 juta ini, termasuk masyarakat penerima bantuan sosial tertentu.

“Pertanyaannya, kenapa ada keringanan dari pemerintah, kok disambut seperti itu di masyarakat? Ini yang sedang kita evaluasi,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Moeldoko juga menduga ada tiga permasalahan utama subsidi motor listrik baru sepi peminat.

Pertama, menurut Moeldoko masyarakat belum banyak yang tahu soal subsidi motor listrik karena peraturannya baru dibentuk.

Kedua, aplikasi Sisapira untuk proses pembelian motor listrik subsidi disebut juga belum tersosialisasi dengan baik. Pada akhirnya, Moeldoko menyebut masyarakat belum paham cara mendapat subsidi Rp7 juta.

Baca Juga:   Perbankan Kolaps, Warga AS Khawatir Terulangnya Krisis Keuangan Seperti Tahun 2008

“Ketiga, sepertinya ini belum menjadi konsumsi publik. Kita belum membicarakan ini (subsidi kendaraan listrik) di mana-mana, sehingga masih pada bingung, menunggu, wait and see semuanya,” kata Moeldoko.

Sebelumnya, subsidi dari pemerintah belum terlalu dimanfaatkan masyarakat untuk membeli motor listrik. Data terakhir baru ada 114 konsumen yang belanja motor listrik dalam program tersebut.

Data ini dipublikasikan Surveyor Indonesia selaku badan yang memverifikasi terhadap calon pembeli motor listrik.

Loading