Spesifikasi Pajero Sport yang Diubah jadi Ambulans di Banten, Menuai Sorotan

DPRD Banten menjadi sorotan usai menyulap Mitsubishi Pajero Sport menjadi ambulans. Mobil yang secara retail dijual mulai Rp577,6 juta hingga Rp735,6 juta ini diperoleh berdasarkan anggaran APBD 2023 sekitar Rp900 juta.

Sekretariat Dewan Provinsi Banten Deden Apriandhi mengatakan mobil ini hasil katalog dari LKPP dan memiliki alat-alat medis terlengkap dari mobil ambulans lain.

“Sebetulnya ambulans ini sejak pertama sudah ada di sekretariat DPRD namun terakhir saya cek sudah tidak layak di gunakan bahkan sudah tidak bisa dioperasikan, karena usianya sudah puluhan tahun makanya kita membeli ambulans,” kata Deden di Gedung DPRD Provinsi Banten mengutip Antara, Jumat (12/5).

Menurut Deden salah satu kelebihan ambulans menggunakan basis SUV yang kerap jadi incaran masyarakat menengah ini memiliki kelebihan seperti dilengkapi alat-alat medis diantaranya elektrokardiogram (EKG)atau rekam jantung, alat sirkulasi oksigen, dan darah, selang oksigen, serta lampu operasi.

Mobil ambulans ini juga dikatakan menjadi salah satu bentuk pelayanan sekretariat DPRD baik anggota maupun pegawai yang ada di DPRD Banten.

Dilihat dari bentuk bodi, Pajero Sport untuk ambulans DPRD Banten merupakan generasi ketiga yang dirilis di Indonesia pada 2016.

Baca Juga:   Biaya Masuk Sekolah Balap VR46 Riders Academy Milik Rossi

Generasi ketiga tidak lagi memakaimesin2.500 cc DOHC empat silinder Commonrail Turbocharged, bertenaga maksimum 134 hp dan torsi maksimum 324 nm. Versi tersebut sudah memakai dapur pacu berkode 4N15 2.500 cc MIVEC dengan tenaga maksimal 178,5 hp dan torsi maksimal 430 nm.

Dirancang menggunakan sasis leader frame, SUV ini mempunyai ukuran panjang4.825 mm, tinggi1.835 mm, lebar1.815 mm, ground clearance 218 mm, sementara kapasitas tangki bahan bakar mencapai 60 liter.

Mobil ini juga memiliki berbagai fitur untuk menunjang keamanan serta kenyamanan penggunanya seperti layar delapan inci sebagai panel meter, head unit layar sentuh, tombol untuk menyalakan mesin, hingga rem parkir elektronik.

Selain itu ada fitur Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Forward Collision Mitigation System (FCM), Ultrasonic misacceleration Mitigation System (UMS), serta Blind Spot Warning (BSW) with Lane Change Assist (LCA).

Loading