Spesifikasi Motor Triumph Harga Rp 40 Jutaan

Pabrikan motor premium asal Inggris, Triumph resmi meluncurkan Triumph Speed 400 di India. Motor gede (moge) untuk konsumen pemula tersebut merupakan produk kolaborasi pertama dengan produsen asal India, Bajaj Auto.

Kehadiran Triumph Speed 400 sebenarnya sudah diprediksi sejak lama, minimal 2-3 tahun terakhir. Hal itu bermula setelah Triumph menjalin kesepakatan bisnis dengan Bajaj untuk mengembangkan moge ‘murah’ bersama.

Triumph Speed 400 tak meluncur sendirian, melainkan bersama saudara kembarnya, Scrambler 400X di India. Nah, dengan banderolnya yang hanya 2.23 lakh rupee atau sekira Rp 40,6 jutaan, seperti apa spesifikasi moge tersebut?

Spesifikasi Triumph Speed 400 di India

Desain

Triumph Speed 400 mengusung tampilan unik yang memadukan nuansa India dan Eropa. Meski demikian, nuansa Tanah Baratanya masih lebih kuat berkat desain ekor yang menggantung, rangka tralis di banyak sisi, tangki membulat, dan tambahan holder di bagian belakang.

Secara desain Speed 400 terlihat berotot dengan boks mesin pejal yang ‘ditopang’ rangka tralis. Sementara selongsong knalpotnya dibuat menanjak dengan dudukan yang dirancang bergelombang. Kesan neo-retro terasa sangat kuat di kendaraan baru tersebut.

Baca Juga:   Panduan Praktis: Cara Membaca Kode Oli Kendaraan agar Tidak Salah Beli

Pada bagian kaki-kaki, Speed 400 dibekali suspensi upside-down (USD) di depan dan monoshock yang bisa diatur di bagian belakang. Kedua pelek rodanya berukuran 17 inch dengan rem cakram berukuran 300 mm di depan dan 230 mm di belakang.

Fitur

Triumph Speed 400 disematkan sejumlah fitur kekinian, mulai dari pencahayaan full-LED, panel instrumen semi-digital, throttle by wire, kontrol traksi, antilock braking system (ABS) berkanal dua, dan assist and slipper clutch.

Mesin dan Harga

Moge baru tersebut menggunakan mesin DOHC 398 cc bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 40 PS dan torsi 37.65 Nm. Spesifikasi itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual enam-percepatan.

Baca Juga:   Suzuki Tour H1: Mobil Hemat BBM dengan Harga Terjangkau Rp 86 Jutaan

Triumph Speed 400 sudah tersedia di dealer resmi pabrikan di India. Konsumen setempat yang berminat membelinya cukup menyiapkan dana 2.23 lakh rupee atau sekira Rp 40,6 jutaan. Sementara pilihan warnanya ada tiga, yakni hijau-hitam, merah-hitam dan silver-hitam.

Loading