Rem Blong Motor Tersangkut di Atap Rumah Warga

Pengguna sepeda motor mengalami rem blong dan melaju tidak terkendali sebelum menabrak jemuran warga di Dusun Ngipik, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Salah satu warga mengatakan, kejadian ini terjadi pada hari Rabu (1/5/2024) sekitar pukul 16.30 WIB.

“Pengendara namanya Elsa Maharani luka di bagian kaki dan punggung langsung dapat perawatan, untuk pembonceng tidak terlalu parah,” katanya.

Dia juga mengatakan, motor tersebut dinaiki dua perempuan melaju dari atas, sesampainya di jalan turunan, sepeda motor tidak bisa dikendalikan dan akhirnya menabrak tiang jemuran milik warga.

Baca Juga:   VIRAL Wisatawan Protes ke Ormas Pemuda Pancasila Gegara Biaya Mahal Masuk Pantai Cemoro Seluma

“Infonya dari Candi Gedongsongo, mau pulang dan turun. Dari atas itu sudah mengalami rem blong,” katanya.

Pemilik rumah yang rusak akibat kejadian tersebut menyatakan, peristiwa rem blong memang sering terjadi setelah mengunjungi Candi Gedongsongo, tapi yang pali parah ini.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, disarankan sebelum perjalanan menggunakan motor melakukan pengecekan kondisi kendaraan.

“Sebelum mulai berkendara haruslah membiasakan selalu mengecek motor, di antaranya yaitu rem depan dan belakang, agar kendaraan yang kita gunakan lebih aman,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca Juga:   Viral Gara-gara Belikan Motor Salah Warna, Istri Sampe Ngambek di Pinggir Jalan

Agus juga mengatakan, jika terlanjur mengalami rem blong ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan yang pertama adalah jangan langsung panik.

“Tetap tenang dan tutup gas untuk membantu mengurangi kecepatan, usahakan mencari lajur yang aman dari kendaraan lain agar terhindar dari tabrakan,” kata Agus.

Langkah selanjutnya, saat rem tidak bisa berfungsi pengendara bisa mencari jalan menanjak untuk mengurangi laju atau kecepatan kendaraan.

Jika situasi tidak terkendali, usahakan untuk membunyikan klakson dan hindari tabrakan. namun, jika terpaksa menabrak agar motor berhenti, cari tempat yang tidak terlalu membahayakan seperti rumput atau pasir.

Loading