Ramai di Media Sosial, Apa Arti Istilah ‘Jodoh Spek VOC’?

Media sosial dibikin bingung karena istilah ‘jodoh spek VOC’. Apa itu ‘jodoh spek VOC’?

Sebuah unggahan video di TikTok dan Twitter menunjukkan seorang perempuan yang tengah makan bersama laki-laki berambut pirang. Dia menuliskan setelah belasan tahun bersedih dan tidak menemukan pacar, ternyata ‘jodohnya spek VOC’.

VOC alias Vereenigde Oostindische Compagnie adalah kongsi dagang Belanda yang berkuasa di Nusantara pada abad ke-17.

Sementara ‘spek’ berasal dari kata spesifikasi. Istilah ini memang merujuk pada peralatan atau perangkat tertentu seperti mobil, laptop, atau ponsel.

Baca Juga:   Cara Sembunyikan Nomor HP di Get Contact

Hanya saja, spek dalam bahasa gaul diartikan sebagai ciri-ciri atau kualitas seseorang.

Dengan kata lain, ‘jodoh spek VOC’ bisa diartikan jodoh dengan ciri atau spesifikasi bule, khususnya bule Belanda yang merujuk pada VOC.

Kendati demikian, ada saja komentar kocak netizen yang menghubungkan spek VOC dengan rempah-rempah yang merupakan komoditas incaran organisasi tersebut.

“Pacaran sama mafia rempah?” ujar seorang netizen.

“Pacaran tapi berasa dijajah?” timpal yang lain.

“Jangan sampai rempah-rempahmu diambil mbak,” ujar netizen memberikan saran.

Baca Juga:   Cekcok dengan Istri, Suami di Makassar Nekat Bakar Rumah Mertua

“Maksudnya mirip rempah-rempah gitu?” komentar yang lain.

Istilah spek sendiri memang telah umum digunakan di luar dunia teknologi dan otomotif. Misalnya, Anda tentu kerap mendengar istilah ‘spek bidadari’ atau ‘spek anime’.

Menghimpun informasi dari berbagai sumber, ‘spek bidadari’ digunakan untuk mendeskripsikan seorang perempuan yang sangat cantik. Sosok bidadari memang digambarkan memiliki paras rupawan dan baik hati.

Sementara spek anime digunakan untuk menggambarkan seseorang dengan ketampanan atau kecantikan di luar nalar dan hanya ditemukan di animasi.

Loading