Puluhan Siswa SD di Lombok Timur Keracunan Abon Ikan Tongkol

Puluhan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Ketapang Raya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) keracunan setelah makan abon ikan tongkol.

Kapolsek Keruak Polres Lombok Timur Iptu Mastar mengatakan polisi telah menerima laporan tentang peristiwa itu. Menurut keterangan, puluhan siswa itu keracunan setelah memakan abon ikan yang dibeli dari teman mereka.

“Betul, ada keracunan massal siswa SDN 3 Ketapang Raya setelah menyantap abon ikan dengan rata-rata mengalami pusing, mual, dan muntah-muntah,” kata Mastar dikutip dari Antara.

Mastar menjelaskan peristiwa itu bermula ketika ada siswa yang membawa ikan abon tongkol ke sekolah. Setelah itu, teman-temannya mencicipi.

Baca Juga:   ODGJ Tewas Dibakar Bocah SD, Sebelumnya 3 Hari Diikat dan Disiksa

Mereka pun memesan abon ikan dari teman tersebut. Abon ikan itu dijual nenek dari siswa itu dengan harga Rp1000 per bungkus.

“(Rabu) dibawakan teman-teman yang memesan itu. Akan tapi setelah memakan ikan abon itu, siswa mengalami pusing mual dan muntah,” katanya.

Para korban pun pulang, tetapi sampai di rumah mengalami muntah-muntah. Kemudian, dibawa ke puskesmas dan rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

“Mereka terpaksa dilarikan ke Puskesmas dan ada yang dirujuk ke Rumah Sakit Patuh Karya Lombok Timur untuk mendapatkan perawatan intensif,” ujar Mastar.

Baca Juga:   Bunuh 12 Orang Mbah Slamet Dituntut Hukuman Mati

“Totalnya sekitar 20 orang yang mengalami keracunan, di mana yang sudah baik diperbolehkan pulang dan ada yang masih dirawat,” imbuhnya.

Ia mengatakan polisi telah mengamankan nenek yang membuat abon ikan dan siswa yang menjual abon ikan itu. Abon ikan juga disita untuk dilakukan uji laboratorium.

“Kita amankan nenek yang membuat abon ikan itu untuk proses lebih lanjut,” katanya.

Loading