Profil Wasit Nasrullo Kabirov yang Pimpin Pertandingan Qatar vs Indonesia

Wasit Nasrullo Kabirov mendadak menjadi buah bibir setelah laga Qatar vs Indonesia pada fase grup Piala Asia U-23 2024. Berikut profil Nasrullo Kabirov yang memimpin laga Qatar vs Indonesia di Piala Asia U-23 2024.

Wasit 38 tahun asal Tajikistan itu menjadi sorotan lantaran keputusan-keputusan yang merugikan Timnas Indonesia U-23.

Menunjuk titik putih di kotak penalti Indonesia, mengganjar Rizky Ridho dengan kartu kuning, memberi kartu kuning kedua kepada Ivar Jenner, batal memberi kartu merah kepada Saif Eldeen Hassan, dan tidak memberi pelanggaran setelah Marselino Ferdinan didorong, adalah deretan kontroversi kepemimpinan Kabirov dalam laga Qatar vs Indonesia.

Baca Juga:   Listrik Kereta Api Mati dan Gelap Total gegara ada Penumpang Masak Nasi

Kabirov bukan wasit ‘kemarin sore’. Sejak 2017, selain memimpin pertandingan di Tajikistan, Kabirov sudah memimpin laga internasional seperti AFC Cup dan Asian Games.

Laga antarnegara di pentas senior juga sudah pernah dijalani Kabirov sejak 2019.

Kabirov juga tak asing dengan atmosfer sepak bola Asia Tenggara karena pernah menjadi wasit di SEA Games 2021. Selain itu Kabirov juga menjadi pengadil ketika Timnas Indonesia menjalani laga Kualifikasi Piala Asia melawan Uni Emirat Arab pada pertengahan 2022.

Dalam laga Qatar vs Indonesia, Kabirov mengeluarkan lima kartu kuning, serta dua kartu merah dengan perincian satu pemain diusir dengan dua kartu kuning dan satu lainnya lewat satu kartu merah langsung.

Baca Juga:   Kisah Luar Biasa Si Gundul Bertahan Hidup 6 Bulan di Hutan Kalimantan, Makan Daging Harimau dan Gajah

Kabirov termasuk wasit yang kerap mengobral kartu. Jarang Kabirov tidak mengeluarkan kartu dalam satu pertandingan.

Dilansir dari data transfermarkt sejak 2017 hingga kini, Kabirov telah memimpin 90 pertandingan di berbagai ajang dan mengeluarkan 326 kartu kuning, sembilan kartu merah tidak langsung, dan 17 kartu merah langsung.

Selain itu ada 37 penalti yang diberikan Kabirov selama karier selama tujuh tahun terakhir.

Loading