Profil Dito Ariotedjo yang Baru Dilantik Jadi Menpora

Profil Dito Ariotedjo dipaparkan di bawah ini. Politisi muda Golongan Karya (Golkar) Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang telah mundur karena ingin fokus menjabat Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI.

Lantas seperti apa sosok Dito Ariotedjo? Simak profil Dito Ariotedjo yang kini telah resmi menjadi Menpora baru selengkapnya berikut ini.

Profil Dito Ariotedjo Menpora Baru

Dito Ariotedjo merupakan kader muda Partai Golkar yang saat ini berusia 32 tahun. Dito lahir pada tanggal 25 September 1990 di Jakarta. Melansir situs resmi Partai Golkar, Dito Ariotedjo menjabat sebagai Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Melansir Kabar Golkar, Dito Ariotedjo merupakan putra dari Arie Prabowo dan Arti Laksmigati Ariotedjo. dito menamatkan pendidikan tingginya di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI). Semasa kuliah dia aktif dalam berbagai organisasi seperti Bendum BEM FH UI, serta HMI Komisariat Hukum UI.

Baca Juga:   Eksklusif! Kereta Cepat JKT-BDG Mengejar Kecepatan Maksimal dalam Uji Coba Perdana dari Tegalluar ke Halim

Selain organisasi kemahasiswaan, Dito turut aktif sebagai Sekretaris Jenderal Gerakan Pelajar Mahasiswa Pembaharuan (GPMP). Dirinya juga pernah menjadi salah satu Ketua HIPMI Jaya, serta berkarya pada bidnag olahraga sebagai Ketum Pengurus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta.

Dito juga merupakan seorang pengusaha yang bekerja sama dengan Raffi Ahmad. Dilansir dari Antara, Dito juga menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Di dunia politik, Dito Ariotedjo menjabat sebagai Ketum pada salah satu organisasi kepemudaan yakni DPP AMPI pada usianya 26 tahun. Dirinya juga dipercaya untuk menjadi Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Baca Juga:   Banjir Lahar Aliran Semeru Putuskan Jembatan di Lumajang, Begini Kondisinya

Hal tersebut menjadikan Dito sebagai Ketua Bidang termuda dalam sejarah partai pohon beringin itu. Selain itu, Dito juga masuk dalam jajaran tim ahli Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Kini, Dito Ariotedjo dilantik menjabat sebagai Menpora baru dan tercatat menjadi menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Pelantikan Dito Ariotedjo Menpora Baru

Pelantikan Dito Ariotedjo menjadi Menpora baru digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan presiden mengenai pengangkatan Menpora sisa jabatan periode 2019-2024. Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan.

Baca Juga:   Daftar 8 Partai Lolos ke DPR Hasil Pemilu 2024

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti pejabat yang dilantik.

Hadir dalam acara itu Ketua MA Muhammad Syarifuddin, Ketua MK Anwar Usman, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Untuk diketahui, Jokowi hari ini juga melantik Komjen Rycko Amelza Dahniel menjadi Kepala BNPT. Selain itu, Jokowi menyaksikan pembacaan sumpah Sunarto menjadi Wakil Ketua MA.

Loading