Prabowo Berencana Bentuk Presidential Club yang Diisi Mantan Presiden

Presiden terpilih Prabowo Subianto berencana membentuk Presidential Club yang beranggotakan para mantan Presiden yang masih hidup.

Hal diungkapkan Juru Bicara Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto, Dahnil Azhar Simanjuntak, Jumat (3/5).

“Insyaallah pada waktunya, Pak Prabowo pasti bertemu dengan Pak Jokowi [Presiden ke-7 RI], Pak SBY [Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono], dan Bu Megawati [Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri] secara bersama-sama,” kata Dahnil.

Berikut tiga dari tujuh Presiden Indonesia yang pernah menjabat dan masih ada hingga saat ini:

Megawati Soekarnoputri

Megawati Soekarnoputri merupakan anak kedua dari Presiden pertama Indonesia, Sukarno, sekaligus Presiden ke-5 yang menjabat dalam periode 2001-2004, yang sebelumnya juga menjabat sebagai Wakil Presiden RI yang ke-8 di bawah pemerintahan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Presiden wanita pertama Indonesia yang telah berusia 77 tahun ini masih aktif berpolitik. Dia pun masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sejak tahun 1999 hingga saat ini.

Baca Juga:   Video Viral Insiden Pramugari Berantem dengan Penumpang

Walaupun sempat berpasangan dengan Prabowo pada Pilpres 2009, namun pada Pilpres 2024 Prabowo harus bersaing dengan kader partai Banteng yang dinahkodai Mega, Ganjar Pranowo.

Pasca-kekalahan Ganjar, PDIP kompak menggugat hasil pilpres dan pileg yang dianggap terdapat banyak kecurangan. Ia juga mengajukan diri sebagai amicus curiae kepada Mahkamah Konstitusi (MK) dalam sidang PHPU sengketa Pilpres.

Hingga saat ini, Megawati belum menyatakan sikap partainya menjelang pemerintahan Prabowo lima tahun mendatang.

Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Utut Hadianto mengatakan keputusan partainya soal bergabung dalam koalisi atau menjadi oposisi bagi pemerintah mendatang akan dibahas pada Rapat Kerja Nasional PDIP yang rencananya digelar 26 Mei 2024.

Susilo Bambang Yudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono, atau yang lebih dikenal sebagai SBY, merupakan Presiden ke-6 Indonesia yang menjabat selama dua periode, yakni 2004-2009 dan 2009-2014.

Berbeda dengan presiden sebelumnya, pria kelahiran 74 tahun silam di Pacitan, Jawa Timur ini merupakan presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat dalam proses Pemilu Presiden putaran 2, 20 September 2004.

Baca Juga:   Petugas Dishub Medan Dianiaya Pengendara Motor Saat Atur Lalu Lintas

Saat ini SBY masih aktif dalam kegiatan politik sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat. Dia sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum Demokrat para periode 2013-2020.

SBY banyak menghabiskan waktunya saat ini dengan melukis, menulis, hingga menjadi pembina tim voli LavAni.

Walaupun hubungannya sempat renggang karena pernah menjadi rival Prabowo dalam Pilpres 2029, hubungan keduanya telah harmonis kembali ditandai dengan bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju yang merupakan tim pemenangan pasangan Prabowo-Gibran pada Pilpres lalu.

Joko Widodo

Joko Widodo atau Jokowi, merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang menjabat selama dua periode, yakni 2014-2019 dan 2019-2024.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wali Kota Surakarta (Solo) pada 2005-2012, dan Gubernur DKI Jakarta pada 2012 sebelum akhirnya memenangkan Pilpres 2014.

Hubungan pria berusia 62 tahun dengan Prabowo cukup dinamis. Walaupun sempat menjadi rival dua kali berturut-turut dalam Pilpres 2014 dan 2019, hubungan keduanya kembali membaik sejak ditunjuknya Prabowo sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju (KIM) pemerintahan Jokowi.

Baca Juga:   Kronologi Pria di Condet Coba Tusuk Imam Sholat

Tak hanya itu, Prabowo juga terpilih menjadi Presiden untuk periode selanjutnya bersama anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang melalui banyak kontroversi dari sejak pencalonannya hingga penetapan kemenangannya.

Sejak kemerdekaan 1945, Indonesia telah dipimpin oleh total 7 Presiden, namun 4 di antaranya telah berpulang.

Sukarno, Presiden pertama yang menjabat pada 1945-1967, wafat pada 21 Juni 1970. Presiden kedua, Soeharto, dengan masa jabatan terlama yakni dari tahun 1968-1998. Dia wafat pada 21 Januari 2008.

Presiden ketiga, B. J. Habibie, menjadi Presiden dengan masa jabat tercepat, yakni satu tahun dari 1998-1999, wafat pada 11 September 2019.

Menggantikan Habibie, Abdurrahman Wahid menjadi Presiden keempat yang menjabat dari tahun 1999 hingga 2001, dan wafat pada 30 September 2009.

Loading