Pesawat Vietjet Air salah Masuk Taxiway Bikin Bandara Jepang Panik

Sebuah pesawat membuat bandara Jepang panas dingin. Pesawat itu hampir saja membuat kecelakaan yang sama dengan pesawat Japan Airlines (JAL).

Dilansir dari Thaiger pada Sabtu (13/1/2024), sebuah penerbangan Thai Vietjet Air dari Thailand mendarat di Bandara Internasional Fukouka. Penerbangan VZ810 ini mengangkasa pada 4 Januari 2024.

Penerbangan tersebut berhasil mendarat dan langsung meluncur ke gerbang yang ditentukan oleh kontrol lalu lintas udara. Namun, karena kondisi cuaca dan jarak pandang yang buruk membuat pilot salah masuk taxiway.

Baca Juga:   Viral Anak Kecil Membuat Heboh dengan Aksi Berburu Klakson Basuri Pakai Motor

Taxiway adalah jalur penghubung antara landasan pacu dan area pelataran pesawat (apron). Tiap pesawat yang mendarat akan diarahkan untuk menggunakan taxiway kosong. Salah masuk taxiway dapat mengakibatkan tabrakan.

Setelah momen kebakaran pesawat JAL dan pesawat penjaga pantai, kesalahan Vietjet Air membuat seisi bandara panas dingin.

Dengan sigap, pihak Air Traffic Control (ATC) dan keamanan bandara langsung mengarahkan pesawat ke taxiway yang seharusnya. Pesawat berhasil parkir pada pukul 09.20 waktu setempat.

Menurut Kantor Bandara Fukuoka dari Biro Penerbangan Osaka Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata, pesawat tadinya memasuki area uji mesin. Di sana ada tanda X besar yang dipasang.

Baca Juga:   Inses Kasus Anak dan Ibu di Sumbar Mengguncang Masyarakat, Sosiolog Mengungkap Dampak Hiperseksualitas dan Disfungsi Peran Ayah

“Kapten pesawat saat itu sedang berkomunikasi dengan pengontrol bandara, sehingga dia diyakini tidak mengikuti instruksi pengontrol,” tulis laporan tersebut.

Insiden ini menyebabkan pesawat itu terdampar sementara waktu sambil menunggu truk derek. Semua penumpang selamat dan tidak ada awak kabin yang terluka. Pengoperasian pesawat lain pun tidak terpengaruh.

“Maskapai penerbangan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan dan menghargai pengertian baik Anda. Maskapai ini berkomitmen untuk menyediakan penerbangan operasional dengan tingkat keselamatan tertinggi di setiap penerbangan,” begitulah keterangan kantor Bandara Fukuoka.

Loading