Perencanaan Perjalanan yang Tepat: Temukan Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Buton

Buton merupakan pulau terbesar di luar induk Kepulauan Sulawesi, yang masuk kedalam bagian Provinsi Sulawesi Tenggara. Sebagai besar wilayah Buton dikeliling oleh lautan maka tak heran Pulau Buton kerap dikenal dengan potensi wisata lautnya.

“Buton punya potensi pariwisata yang cukup bagus karena kami punya alam yang indah, di bawah lautnya pun juga banyak ikan-ikan cantik, namanya Mandarin Fish,” kata Pj Bupati Buton Basiran kepada Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia Palmerah, Selasa (16/5/2023).

Selain potensi lautnya, Basiran mengatakan Buton juga kaya akan wisata adat dan budaya masyarakat setempat. Wisatawan sebaiknya mengetahui kapan waktu terbaik berkunjung ke Buton agar bisa menikmati keindahan alam tanpa melewatkan acara adat di wilayah tersebut.

Waktu terbaik berkunjung ke Buton

Salah satu acara adat masyarakat Buton yang rutin diadakan setiap tahun yaitu Pesta Rakyat Buton.

“Pesta Rakyat Buton ini biasanya dilaksanakan sebelum bulan puasa,” kata Basiran. Saat Pesta Rakyat Buton, setiap kecamatan di Kabupaten Buton akan berlomba-lomba menyiapkan beragam hidangan yang bisa disantap bersama-sama.

Makanan akan disajikan di dalam sebuah talam khusus berukuran besar. Makanan tersebut umumnya hasil olahan alam di Buton, antara lain kepiting berukuran besar, jagung, ubi, dan ikan.

Baca Juga:   Daifuku: Mengungkap Keunikan Mochi Khas Jepang dengan Rasa yang Memikat

“Saat Pesta Rakyat Buton, saya tidak pernah makan di rumah, karena banyak makanan yang disajikan,” kata Basiran. Oleh sebab itu, supaya waktu kunjungan ke Buton lebih maksimal, disarankan datang menjelang bulan puasa.

“Pesta Rakyat Buton ini dilaksanakan di setiap kecamatan secara berurutan. Selain sebelum puasa, ┬ápesta ini biasanya juga dilakukan sebelum masa panen dan sesudah masa panen, tergantung masing-masing wilayah,” pungkasnya.

Loading