Penggunaan Air AC buat Isi Radiator, Apakah Aman?

Pengguna kendaraan tak bisa sembarang mengisi cairan ke sistem pendingin kendaraan model radiator. Sistem ini butuh cairan khusus agar kinerjanya menjaga suhu mesin tetap ideal dan bekerja maksimal.

Dhany Ekasaputra, Manajer promosi dan tim R&D Autochem Indonesia, menjelaskan atas dasar hal itu pengemudi disarankan tak memakai air keran atau air kemasan buat mengisi radiator.

Ia mengatakan air keran tak dianjurkan lantaran cairan tersebut bisa jadi mengandung logam, sementara air kemasan mengandung mineral. Kedua kandungan itu dikatakan dapat menyebabkan korosi pada komponen pendingin tersebut.

Baca Juga:   Cara Bongkar Pasang Ban Mobil dengan Benar dan Aman

“Itu pasti ujungnya akan menempel logam dan berujung karat. Nantinya sistem itu pasti terganggu. Kemudian penggunaan air tersebut juga dapat membuat sistem tidak bekerja maksimal,” kata Dhany saat ditemui GIIAS 2023, BSD Tangerang, Rabu (16/8).

Di samping itu penggunaan air keran atau mineral kemasan akan membuat mesin mengalami panas berlebihan atau over heat. Hal ini karena air memiliki titik didih pada angka 100 derajat celcius, sementara saat mesin bekerja suhunya akan di atas 100 derajat celcius.

Baca Juga:   Cara Mudah Buka Mur Roda Mobil

Kondisi ini akan membuat radiator yang merupakan bagian dari sistem pendinginan tak bekerja maskimal meredam suhu ketika kendaraan digunakan.

Jika digunakan dalam waktu lama, cairan tersebut akan lebih mudah habis karena menguap lebih cepat dan bikin mesin overheat. Hal ini bisa merusak beberapa komponen mesin lainnya.

Jika dalam situasi terdesak, ia mengatakan paling tepat adalah pengemudi menggunakan air AC untuk cairan radiator.

“Hanya saja air AC ini dia tidak punya kemampuan anti karat,” kata dia.

Namun demikian, Dhanny menekankan pemilik kendaraan tetap dianjurkan memakai cairan khusus atau coolant yang memang diperuntukkan bakal radiator agar komponen itu bekerja maksimal.

Beberapa produk coolant yang tersedia di pasaran di antaranya Master Radiator Cool, Master Radiator Coolant Premix, hingga Master Radiator Coolant Gold.

“Kenapa harus menggunakan coolant, karena cairan ini telah disesuaikan untuk radiator. Misalnya sebagai sistem pendingin, anti karat, bahkan menjaga usia pakai dari komponen tersebut,” ucap Dhanny.

Loading